School of Information Systems

Sourcing Information System

Sourcing menjadi salah salah pilihan solusi untuk perusahaan dari berbagai masalah yang ada. Dibawah ini merupakan Sourcing Decision Cycle Framework:

er1

Untuk membangun sistem informasi, banyak pilihan yang dapat kita pilih yaitu:

1. Insourcing

Insourcing adalah kondisi dimana perusahaan memutuskan untuk membuat sendiri sistem yang diinginkan, sehingga keamanan dari sistem tersebut dapat terjaga dengan maksimal.

2. Outsourcing

Outsourcing adalah kondisi dimana perusahaan lebih memilih untuk meminta pihak lain untuk membuat sistem yang diinginkan. Outsourcing terbagi menjadi 2 berdasarkan wilayahnya, yaitu:

  • Offshoring

Offshoring adalah kondisi dimana perusahaan memilih melakukan outsourcing di luar negaranya. Offshoring sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Captive Center

Captive Center adalah kondisi dimana perusahaan memutuskan untuk melakukan outsourcing di luar negaranya namun masih dalam satu induk perusahaan yang sama. Contoh: Ketika PT Toyota Astra Motor Indonesia menginginkan mur untuk mobilnya maka dapat melakukan captive center di perusahaan PT Astra Internasional di luar Indonesia

2. Farshoring

Farshoring adalah kondisi dimana perusahaan melakukan outsourcing di luar negaranya namun letak geografis dari negara tersebut jauh dibandingkan letak perusahaan. Contoh: Perusahaan PT. Toyota Astra Motor melakukan implementasi SAP dan vendor yang menjadi konsultan untuk implementasi sistem tersebut berasal dari Jerman.

3. Nearshoring

Nearshoring adalah kondisi dimana perusahaan melakukan outsourcing di luar negaranya namun letak geografis antara kedua negara relatif dekat. Contoh: Perusahaan PT. Toyota Astra Motor melakukan implementasi SAP dan vendor yang menjadi konsultan untuk implementasi sistem tersebut berasal dari Singapore.

  • Inshoring

Inshoring adalah kondisi dimana perusahaan memilih untuk melakukan outsourcing, namun outsourcing tersebut berasal dari negara yang sama. Contoh : PT. Toyota Astra Motor melakukan implementasi SAP dan vendor yang menjadi konsultan untuk implementasi berasal dari Indonesia.

Reference:

Pearlson, K. E., & Saunders, S. C. (2013). Strategic Management of Information Systems. Singapore: Wiley.

Ervina