School of Information Systems

PORTER’S FOUR CORNER’S ANALYSIS

Porter’s Four Corner’s analysis adalah salah satu strategic analysis tools yang digunakan untuk melakukan analisis pesaing atau kompetitor. Ini lebih menekankan bahwa tujuan dari analisis kompetitif harus menghasilkan wawasan di masa yang akan datang. Model ini dapat digunakan untuk:

  • Mengembangkan profil dari perubahan strategi yang mungkin dibuat oleh kompetitor dan seberapa sukses kemungkinannya.
  • Menentukan setiap kemungkinan respon pesaing untuk berbagai langkah strategis yang layak pesaing lainnya mungkin buat.
  • Menentukan setiap kemungkinan reaksi pesaing untuk berbagai pergeseran industri dan perubahan lingkungan yang mungkin terjadi.

Four Corner’s mengacu pada empat komponen diagnostik yang penting untuk analisis pesaing, yaitu: future goals; current strategy; assumptions; dan capabilities

3

Gambar di atas adalah bentuk ringkasan dari Four Corner’s analysis. Berikut ini adalah penjelasan dari setiap komponen – komponen yang dapat membantu memprediksi bagaimana kemungkinan pesaing merespon situasi tertentu.

  • Motivation – Driver. Menganalisis tujuan pesaing membantu dalam memahami apakah mereka puas dengan kinerja mereka saat ini dan posisi pasar. Hal ini membantu memprediksi bagaimana mereka akan bereaksi terhadap kekuatan eksternal dan seberapa besar kemungkinan bahwa mereka akan mengubah strategi.
  • Motivation – Management Assumptions. Persepsi dan asumsi yang dimiliki pesaing tentang dirinya, industri dan perusahaan lain akan mempengaruhi keputusan strategis. Menganalisis asumsi ini dapat membantu mengidentifikasi bias pesaing dan bitnik – bitnik buta.
  • Action – Current Strategy. Strategi sebuah perusahaan menentukan bagaimana pesaing bersaing di pasar. Namun, bisa ada perbedaan antara “intended strategy” (strategi yang tercantum dalam laporan tahunan, wawancara dan pernyataan publik) dan “realized strategy” (strategi yang diikuti perusahaan dalam praktek, sebagaimana dibuktikan oleh akuisisi, capital expenditure dan pengembangan produk baru).

Dimana strategi saat ini menghasilkan hasil yang memuaskan, hal itu wajar untuk mengasumsikan bahwa suatu organisasi akan terus bersaing dengan cara yang sama seperti sekarang ini.

  • Action – Capabilities. The drivers, assumptions and strategy dari suatu organisasi akan menentukan sifat, kemungkinan dan waktu dari tindakan pesaing. Namun, kemampuan organisasi akan menentukan kemampuannya untuk memulai atau menanggapi kekuatan eksternal.

Ada beberapa pertanyaan yang dapat digunakan dari setiap komponen – komponen dari Four Corner’s Analysis ini untuk mempermudah proses analisis pesaing, yaitu:

  • Apa yang mendorong pesaing? (Motivation)
  1. Apa tujuan mereka?
  2. Seperti apakah budaya mereka?
  3. Struktur organisasi apa yang mereka miliki?
  4. Apa latar belakang dari kepemimpinan tim?
  5. Apa filosofi bisnis mereka?
  6. Apakah kendala eksternal mereka?
  • Apa rencana dan tindakan saat ini dari pesaing? (Actions)
  1. Bagaimana pesaing membuat nilai bisnis saat ini?
  2. Di mana pesaing kalian berinvestasi?
  3. Hubungan bisnis apa saja yang dimiliki oleh pesaing?
  • Apa saja asumsi – asumsi mengenai pesaing? (Assumptions)
  1. Apa yang mereka yakini menjadi kekuatan dan kelemahan mereka?
  2. Bagaimana mereka menerapkan budaya mereka?
  3. Apa nilai produk atau pelayanan mereka?
  4. Bagaimana mereka melihat kekuatan pesaing dalam industri?
  5. Bagaimana mereka menganalisis apa yang akan perusahaan pesaing lakukan?
  • Apa yang mampu dilakukan pesaing? (Capabilities)
  1. Apa kemampuan mereka untuk membuat produk dan layanan yang kompetitif?
  2. Seberapa kuat saluran distribusi mereka?
  3. Apa sajakah keterampilan pemasaran mereka?
  4. Apa saja paten dan hak cipta yang mereka miliki?
  5. Seberapa baik kepemimpinan mereka dalam organisasi?

Source:

http://www.strategy-keys.com/business-strategy-tools.html

http://www.cimaglobal.com/Documents/ImportedDocuments/cid_tg_strategic_analysis_tools_nov07.pdf.pdf

Dicko Wijaya