School of Information Systems

Membuat Strategi SI / TI dan Implementasinya

Membuat Strategi SI/TI

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menindaklanjuti temuan pemenuhan kebutuhan informasi, yakni dengan cara membuat strategi, penentuan pemanfaatan SI/TI. Hasil akhirnya adalah usulan sistem, teknologi, dan manajemen informasi yang diperlukan di tahap selanjutnya.

Menentukan Strategi SI/TI

Tahap ini dimaksudkan untuk memilih terget aplikasi yang akan dijadikan solusi strategis SI/TI. Pemilihan tersebut dilakukan dengan memberi rangking/peringkat terhadap target aplikasi. Peringkat tersebut disusun berdasarkan kompilasi  kriteria value bisnis, teknis, dan risiko. Terget aplikasi dengan peringkat tinggi akan dijadikan solusi strategis SI/TI. Strategis yang dihasilkan adalah Strategi Manajemen SI/TI, Strategi Bisnis SI/TI, dan Strategi SI/TI.

Rencana Implementasi

Tahap ini merupakan tahap terakhir dari lima tahapan yang bertujuan untuk membuat rencana dan jadwal kerja guna mengimplementasikan solusi strategis SI/TI, yaitu: (1) membuat rencana pendukung strategi SI/TI, membuat rencana pendukungan strategi SI/TI bertujuan untuk mencari detail kegiatan dan kebutuhan dari solusi strategis guna sebagai masukan data pembuatan jadwal, dan rencana kerja tahap berikutnya; (2) pembuatan jadwal waktu kerja, bertujuan untuk membuat jadwal implementasi solusi strategis SI/ TI secara detail perkegiatan. Jadwal tersebut dibuat sesuai dengan satuan waktu pelaksanaan projek yang didefinisikan sebelumnya; (3) pembuatan rencana pelaksanaan, bertujuan untuk merinci setiap kegiatan pelaksanaan solusi strategis SI/ TI secara detail. Selain itu kegiatan ini melengkapi jadwal kerja yang telah terbentuk dengan asumsi ideal pelaksanaan projek, berupa keadaan lingkungan eksternal dan internal bisnis dan SI/TI organisasi, sumber daya organisasi, biaya, dan jadwal kerja pendukung.

Referensi

Earl, M. J. (1996). Management Strategies for Information Technology (1st ed.). Prentice Hall.

Pant, S., & Hsu, C. (1995). Strategic Information Systems Planning: A Review., 1995 Information Resources Management      Association International Conference, May 21-24, Atlanta, Georgia .

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free Press.

Ward, J., & Preppar, J. (2002). Strategic Planning for Information System (2nd ed.). John Wiley & Sons.

Anonymous

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031