School of Information Systems

EVALUATING IS/IT INVESTMENTS

Cukup sulit melakukan penilaian terhadap investasi TI, karena pada umumnya investasi TI dianggap sebagai cost pada tahun berjalan, namun pada dasarnya keuntungan akan didapatkan setelah dirasakan manfaatnya di masa yang akan datang.

Mengutip dari Parker, Benson dan Trainor (1998) Information Economics keuntungan tersebut dapat dibagi kedalam beberapa kategori :

  1. SubtitutifPenggunaan infrastrukrur TI yang memudahkan pekerjaan manusia dengan adanya otomatisasi akan lebih cepat selesai dilakukan jika dibandingkan dengan cara konvensional.
  2. KomplementerPeningkatan produktivitas misalnya menggunakan web based application akan membantu pengisian formulir dimana saja dan dapat menghindari kesalahan karena sebagian proses checking dilakukan oleh komputer.
  3. InovatifSebagai contohnya universitas Binus melakukan perkuliahan online dengan memanfaatkan infrastruktur dan teknologi seperti class conferrence, presentation conferrence, forum diskusi dan penugasan personal serta kelompok sehingga memberikan pengalaman belajar yang baru bagi mahasiswa dan dosen yang tentunya akan memudahkan setiap orang yang memenuhi syarat tertentu mengikuti pendidikan ini.

Selanjutnya evaluasi dari beberapa kategori diatas adalah :

  1. Cost benefit analysis.

Karena adanya otomatisasi maka akan menghilangkan biaya data entry yang sebelumnya dilakukan manual maka terjadi cost saving.

  1. Value lingking

Contohnya adalah peningkatan kepuasan pelanggan, berkurangnya kredit macet pada nasabah untuk perusahaan yang bergerak di jasa keuangan dll.

  1. Value acceleration

Semakin cepat pelayanan yang berhasil diselesaikan maka transaksi akan lebih cepat, transaksi yang banyak identik dengan keuntungan finansial.

  1. Value restructuring

Aplikasi yang disediakan akan mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan, baik dari operasional maupun monitoring.

  1. Innovation revolution.

Dengan bantuan IS/TI maka akan ditemukan bisnis baru yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan diterapkan.