Nilai yang ditimbulkan sebagai dampak IT
1. Mencapai keuntungan kepemilikan (Achieve Proprietary Advantage)
Nilai-nilai yang didapatkan adalah:
– Meningkatkan saham pasar
– Meningkatkan nilai merek dan kesadaran
– Meningkatkan kapitalisasi pasar
2. Mengendlikan pertumbuhan keuntungan (Drive Profitability Growth)
– Meningkatkan kontribusi TI ke dalam keuntungan bersih
– Meningkatkan kontribusi TI ke pendapatan pada saat menahan atau mengurangi pengeluaran.
– Merubah ratio pengeluaran dari tetap ke variabel.
– Menambah arus pendapatan baru dari pelanggan yang ada.
3. Mendayagunakan infrastruktur (Leverage Infrastructure)
– Menurunkan biaya total kepemilikan dari infrastruktur dan operasional.
– Memperbaiki produktifitas asset
– Menurunkan biaya infrastruktur TI dan biaya operasional sama dengan pendapatan
– Menurunkan biaya headcount TI (IT headcount is the result of factors the CIO can control, like the level of automation, the skill of their people, the structure of their operations and the nature of their IT investment budget) sama dengan penjualan.
4. Menciptakan pilihan (Create option)
Mengidentifikasi peluang-peluang untuk menurunkan waktu dan biaya masa depan terkait kemampuan, penciptaan dan peluang-peluang berkelanjutan
Referensi:
Applegate, Lynda M., 7th edition, 2007, Corporate Information Strategy and Management, McGraw Hill Education.
Carr, Nicholas G. IT, May 2003, IT Doesn’t Matter, Harvard Business Review, R0305B
Peruta, Pietro Della. 2011, Strategic Fit of IT Service Management, Academi TechNotes, ATN Volume 2, Number 9, 2011