School of Information Systems

Investment Mapping Methodology pada Project IT

Investment mapping methodology merupakan teknik evaluasi investasi IT yang komprehensif, dari proses investment portfolio map, evaluasi strategi IT secara keseluruhan, evaluasi dan masing-masing investasi, dan pengelolaan benefit setelah implementasi. Investment mapping methodology terdiri atas tiga tahapan: mapping investment portfolio, evaluasi alternatif investasi dan pengukuran performansi, dan pengelolaan benefit setelah implementasi.

  1. Mapping Investment Portfolio

Peter(1989), mengidentifikasi benefit investasi IT, yang mencakup: enhance produktivitas, minimize resiko, dan expand business. IT enhance productivity cenderung untuk mudah diukur kemanfaatannya (tangible), sedangkan expand business cenderung intangible.

Skala -15 s.d. +15 digunakan untuk rangkaian benefit, di mana investment yang lebih tangible diberi rating -15 s.d. 0, sedangkan yang kurang tangible diberi rating 0 s.d. +15.

ppicc3

Di dalam diagram di atas diberikan contoh bagaimana “Personnel reduction” sebagai benefit utama ditempatkan pada skala -15 s.d. -11, dengan pertimbangan benefit tersebut bisa diukur dengan mudah (misalkan berapa jumlah staff yang dikurangi).