Major KM Techniques, Tools, and Technologies
- Knowledge Creation and Capture Phase, pada poin ini perusahaan menerapkan content creation yaitu dengan menerapkan suatu template yang dapat digunakan oleh karyawan perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas dan dan aktivitas lainnya. Selain itu perusahaan juga menerapkan data mining yang digunakan menjadi alat yang penting untuk mengubah data yang ada diperusahaan menjadi informasi. Hal ini sering digunakan dalam berbagai praktek, seperti pemasaran, pengawasan, deteksi penipuan dan penemuan ilmiah. Sedangkan untuk content management, perusahaan menggunakan metode archiving setiap melakukan tugas dan pekerjaannya, metode ini dipakai untuk membuat salinan dari sebuah file backup dengan tujuan melindungi salinan asli dari kerusakan sehingga akan memudahkan pegawai dalam penggunaannya serta pekerjaannya.
- Knowledge Sharing and Dissemination Phase, pada point ini perusahaan menerapkan communication dan collaboration technologies seperti telepon, fax , email, chat room, instant messaging. Selain itu perusahaan juga menerapkan Networking technologies seperti webserver, portal dan konowledge repository.
- Knowledge acquisition and application, pada point ini perusahaan menerapkan artificial intelligence berupa expert system yaitu sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Pengetahuan dari pakar di dalam sistem ini digunakan sebagi dasar oleh Sistem Pakar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi).
Tools atau teknologi apa yang possible diterapkan oleh perusahaan antara lain adalah:
Web Wiki dan Portal, dengan adanya tools atau teknologi tersebut dalam sebuah perusahaan memungkinkan perusahaan untuk menjalankan proses bisnis perusahaan secara tepat dan efisien serta untuk mempermudah & mempercepat proses berbagi pengetahuan, keahlian, pengalaman dan kolaborasi antar pegawai menuju pada pegawai yang sadar pengetahuan (knowledge workers).