School of Information Systems

Rancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam

Judul Rancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam(Research SI-2012-15)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Albert Verasius Dian Sano
Anggota Peneliti Naova Maria; Rainer Hannesto

RINGKASAN DAN SUMMARY

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan merancang sistem informasi bagi koperasi simpan pinjam karyawan sehingga proses bisnis koperasi karyawan tersebut akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien, serta memperoleh data dan informasi yang lebih akurat sehingga dengan adanya data dan informasi yang berkualitas akan berdampak pada ketepatan dalam pengambilan keputusan.

Penelitian ini akan dimulai dengan melakukan pengumpulan informasi mengenai kebutuhan koperasi terhadap sistem informasi yang akan dibangun dimana informasi tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisa terhadap pemodelan sistem informasi yang akan dirancang. Setelah dilakukan analisa, maka hal terakhir yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah perancangan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan koperasi tersebut.

Hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penerapan sistem informasi simpan pinjam pada koperasi karyawan PT. Grahanusa Mediatama akan membantu koperasi tersebut dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, serta menghasilkan laporan dengan data yang lebih akurat dengan adanya sistem informasi simpan pinjam ini sehingga akan meningkatkan produktifitas koperasi.

Kata Kunci: Koperasi, karyawan, perancangan, sistem informasi