School of Information Systems

PERANCANGAN MODEL SISTEM KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK UKM

Judul PERANCANGAN MODEL SISTEM KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK UKM (Research SI-2012-02)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Yuliana Lisanti, M.ITM.
Anggota Peneliti Devyano Luhukay, S.Kom; Mediana Aryuni, M.Kom

RINGKASAN DAN SUMMARY

Para pengusaha kecil dan menengah merupakan salah satu penopang perekonomian. Namun di balik itu minimnya pengetahuan para pengusaha kecil dan menengah dalam menjalankan proses bisnis merupakan sebuah hambatan untuk berkembang di tengah ketatnya persaingan bisnis. Para pengusaha kelas menengah ini dikumpulkan di dalam sebuah organisasi yang disebut UKM. Dimana UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Metodologi yang digunakan adalah metode pengumpulan data, metode analisis dan perancangan. Pada metode pengumpulan data dilakukan Studi Literatur, Wawancara, kuesioner dan Observasi. Metode tahapan analisis Knowledge Management Cycle. Sedangkan  metode perancangan adalah  System Analysis and Design: Satzinger ( 2009 ).

Hasil yang didapat adalah sebuah aplikasi Knowledge Management untuk UKM yang berbasis web yang memiliki fitur-fitur seperti untuk menyediakan forum dan portal sebagai tempat bertukar informasi dan bertukar knowledge

Picture1

Kata kunci: Knowledge Management, UKM, daya saing