School of Information Systems

Perancangan Dashboard Learning Intelligence System

Judul Perancangan Dashboard Learning Intelligence System.  (Research SI-2012-25)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Novan Zulkarnain, ST., M.Kom
Anggota Peneliti Indra Kusumadi Hartono, SS., MM; Rudy Tjahyadi, S.Kom., M.M

RINGKASAN DAN SUMMARY

Dalam kegiatan pengembangan sumberdaya manusia di suatu perusahaan, termasuk didalamnya kegiatan pelatihan/training bagi karyawan baik yang telah mencapai posisi manajerial maupun yang belum. Kegiatan training ini sangat penting bagi strategi inovasi dan continuous improvement perusahaan tetapi kadang dipersepsikan sebagai cost/biaya yang besar dan tidak sebagai investasi sumberdaya manusia yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Bagaimana suatu kegiatan training tersebut bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi perusahaan, dibutuhkan suatu tools/alat bantu yang menggambarkan laporan dan analisa bagi kegiatan investasi training tersebut(learning intelligence system). Sistem ini juga dapat dikembangkan menjadi salah satu pendukung kinerja individu dalam suatu perusahaan atau penyedia data bagi aplikasi Key Performance Indicator (Balance Score Card) suatu perusahaan.

Pelatihan adalah komponen penting dalam strategi organisasi utnuk inovasi dan perbaikan terus-menerus. Namun pelatihan adalah area dimana actual return-on-investasi (ROI) adalah tidak pasti. Mengingat pengeluaran besr untuk pelatihan di banayk organisasi penting untuk mengembangkan alat yang akan membantu perusahaan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dan meningkatkan pengukuran efektifitas pelatihan.

Penelitian ini akan memberikan sebuah model Learning Inteligence System, yang bermanfaat untuk dikembangkan dalam organisasi, baik pemerintah, swasta lembaga pendidikan serta lembaga lainnya yang sedang dan akan memberikan pelatihan secara berkala. Model dashboard ini diharapkan dapat meningkatkan pengukuran efektifitas pelatihan bagi organisasi.

Kata kunci : pelatihan, dashboard, learning intelligence system