School of Information Systems

Esensi dan Penerapan ERP dalam Bisnis

Santo F. Wijaya dan Hendra Alianto
Graha Ilmu (2012)
ISBN : 978-979-756-847-4

Bisnis yang dapat bertahan bahkan berkembang untuk jangka panjang merupakan akibat keputusan manajemen puncak untuk memerhatikan dan mengembangkan terhadap tiga faktor penting, yaitu orang, prosedur, dan sistem. Sistem informasi terintegrasi dapat dijadikan sebagai suatu alat untuk pengambilan keputusan strategis bisnis. Salah satu pengembangan sistem informasi yang didukung dengan perangkat Information Communication Technology (ICT) adalah ERP (Enterprise Resource Planning). ERP dan dunia bisnis tidak dapat dipisahkan karena ERP dapat mendukung kegiatan operasional perusahaan untuk dapat meningkatkan pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif, yang akhirnya memberikan keuntungan optimal bagi perusahaan.

Esensi ERP dalam bisnis adalah proses perubahan yang terjadi dalam rangka penyempurnaan proses bisnis secara terus menerus yang mendukung strategi bisnis. Pembahasan penerapan ERP dalam buku ini didukung praktik nyata dalam aplikasi bisnis dengan menggunakan metode OOAD, yang memiliki keunggulan dalam menganalisis sistem informasi berdasarkan objek dengan pendekatan analisis, perancangan, user interface dan pemrograman yang berorientasi objek.
Keunggulan buku ini adalah membahas secara mendetail bagaimana esensi dan penerapan ERP dalam bisnis, terlebih dilengkapi studi kasus: aplikasi ERP menggunakan metode OOAD, yang dapat diaplikasikan secara praktis dalam praktik dunia bisnis.

*Penulis buku adalah dosen aktif pada jurusan Sistem Informasi – BINUS University