People Innovation Excellence
 

Prospek Kerja Sistem Informasi

Program studi Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan sistem informasi, termasuk teknologi dan bisnis. Program studi ini mempunyai prospek kerja yang cukup baik, karena di jaman sekarang ini, semua telah menggunakan hal yang berbau teknologi. Kegunaan dari sistem informasi sendiri adalah untuk menggantikan pekerjaan yang masih dilakukan secara manual atau berbasis pena dengan pekerjaan yang berbasis sistem. Kegiatan ini juga dapat menimalisir biaya yang dikeluarkan untuk keperluan seperti kertas dan pena, dan juga menimalisir kesalahan yang dapat dilakukan atau biasa disebut human error.

 

Dalam mempelajari program studi sistem informasi, beberapa pelajaran yang akan diajarkan merupakan pelajaran yang nantinya akan berguna bila Anda ingin menjadi bekerja di salah satu bidang dari contoh di bawah ini:

1

  1. Application developer merupakan pekerjaan yang diminati oleh para lulusan sistem informasi. Profesi ini yang bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi Sistem Informasi. Beberapa perusahaan memiliki divisi teknologi informasi yang kuat, tapi mereka juga membutuhkan karyawan yang memiliki kualifikasi dalam pengembangan aplikasi.
  2. ERP specialist merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam penyesuaian paket software ERP terhadap proses bisnis organisasi. Profesi ini banyak membutuhkan pengetahuan di bidang proses bisnis umum organisasi (SDM, Pemasaran, Logistik, Accounting dan Financial) serta arsitektur enterprise.
  3. IT operation staff. Profesi ini bertanggung jawab dalam memastikan operasi teknologi informasi berjalan tanpa adanya hambatan dan mengelola keamanan dan resiko teknologi informasi. Profesi ini membutuhkan banyak pengetahuan di bidang infrastruktur, manajemen informasi dan data, serta manajamen keamanan dan resiko teknologi informasi.
  4. System analyst adalah orang yang bertugas untuk menganalisis hal tentang sistem operasi atau informasi dari suatu perusahaan. Seorang System Analyst dapat menjadi salah satu dari karyawan perusahaan tersebut, atau dapat berdiri sendiri dan menjadi outsource bagi perusahaan.
  5. Database administrator merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan database yang dimiliki oleh organisasi, mulai dari pada saat proses implementasi database, monitoring performa database sampai dengan proses backupdan recovery apabila system mengalami gangguan. Seorang database administrator diharapkan dapat memiliki kemampuan atau seritifikasi Database yang bersifat mayor seperti Oracle, Microsoft SQL Server,dll.
  6. Business process analyst merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam memahami kebutuhan bisnis dari perusahaan dan mencari spesifikasi solusinya. Profesi ini membutuhkan pengetahuan di bidang manajemen informasi dan data, analisa dan perancangan sistem, manajemen proyek teknologi informasi, pengembangan aplikasi, serta interaksi manusia-komputer.
  7. Business analystharus mencari issue-issue penting perusahaan, mencari kekuatan dan kelemahan perusahaan dan solusi perbaikannya, mereview dan memperbaiki requirement, spesifikasi serta proses bisnis terkait solusi yang diusulkan. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang business analyst sama dengan kemempuan yang harus dimiliki seorang business process analyst, karena keduanya memliki kesamaan, yaitu menganalisis bisnis dari sebuah perusahaan.
  8. Owner IT/IS business. Menjadi seorang entrepreneur merupakan sebuah passion yang dapat diwujudkan melalui berbagai kemampuan dan ilmu yang sudah dipelajari dari program studi sistem informasi.
  9. Dosen SI. Fresh Graduate yang mempunyai skill dalam bidang komputer juga menjadi kebutuhan bagi banyak sekolah dari mulai Sekolah Dasar sampai dengan SMA, dan bila Anda ingin menjadi seorang Dosen, Anda harus terlebih dahulu memiliki gelar S2.
  10. BI developer. Profesi berikut memerlukan kemampuan dalam mengumpulkan konsep dan metodologi untuk meningkatkan pengambilan keputusan dalam bisnis dengan menggunakan fakta dan sistem. Setiap detail data akan disimpan dengan menggunakan struktur data sehingga dapat di akses dari beberapa sudut pandang yang berbeda.

Dari beberapa kesempatan atau peluang pekerjaan yang ada di bidang sistem informasi, dapat dikatakan bahwa sistem informasi sedang sangat berkembang dan dapat menjadi sebuah prospek pekerjaan atau peluang bisnis yang bagus untuk dijalankan.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close