People Innovation Excellence
 

SUMBER DAN MANFAAT BIG DATA

MGI (2011) menyebutkan manfaaat potensial dari big data di antara sektor swasta dan publik, diidentifikasi lima cara big data dapat membuat suatu value:

  • Segmentasi audiens untuk menyesuaikan aktivitas: Kapasitas pengumpulan data dan segmentasi audiens didasarkan-database telah menjadi kunci penggerak penggunaan oleh banyak organisasi seni berdasarkan strategi data operasi inti organisasi (seperti database).
  • menciptakan transparansi : membuat big data dapat lebih mudah diakses oleh yang berkepentingan (stakeholder) yang relevan secara tepat waktu dapat menciptakan nilai yang luar biasa. Dalam hal ini big data dapat di integrasikan sehingga informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh lebih efisien.
  • Mendukung / mengganti keputusan manusia dengan algoritma yang diotomatiskan: Analisa dengan bantuan algoritma dapat meningkatkan pengambilan keputusan, meminimalkan resiko, dan menggali wawasan yang berharga, yang dapat dilakukan secara otomatis. Meskipun keputusannya belum tentu otomatis.
  • Mengaktifkan eksperimentasi : karena pembuatan dan penyimpanan transaksi dalam bentuk digital, organisasi/perusahaan dapat mengumpulkan data lebih akurat dan kinerja yang lebih terperinci.
  • Berinovasi model bisnis, produk dan layanan baru : Big data memungkinkan perusahaan membuat produk dan layanan baru, meningkatkan yang sudah ada, dan menciptakan model bisnis yang sama sekali baru.

Dari beberapa industri, MGI (2011) menunjukkan manfaat big data seperti dalam gambar di bawah.

exhibit1

Big data menghasilkan Nilai finansial
Sumber : McKinsey Global Institute, 2011.

Karena cara mengamankan keunggulan kompetitif dari data besar (big data)
masih berkembang, beberapa CEO percaya bahwa inisiatif big data harus
menjadi tanggung jawab khusus departemen TI atau pemasaran,  dimana jumlah data dengan skala besar  paling sering berkumpul, dianalisis, dan diterapkan.  Oleh karena itu berkaitan dengan big data ini, berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pandangan CEO dan teamnya, a) kesempatan dapat berasal dari menyempurnakan operasi inti untuk membuat jalur bisnis baru – meskipun dalam industri yang sama, b) Agar berguna, data harus digunakan bersama (diantara organisasi), c) apakah sebuah perusahaan merencanakan inisiatif tunggal yang besar atau yang lebih kecil dengan jumlah banyak, tim senior harus secara aktif berencana untuk mengambil keuntungan dari peluang yang dihasilkan.

exhibit2

Sektor penggunaan Big data
Sumber : McKinsey Global Institute, 2011.

Darimanakah sumber  big data diperoleh.

Sumber Big Data Baru : Digitalisasi Industri

Media/Entertainment : Industri media/ entertainment berpindah ke perekaman, produksi dan pengiriman digital dalam beberapa tahun terakhir dan saat ini mengumpulkan konten dalam jumlah yang besar.

Healtcare: Industri perawatan kesehatan secara cepat berpindah ke perekaman medis elektronik dan image.

Life Sciences : Biaya yang rendah pada sequencing gen  dapat menghasilkan puluhan terabyte informasi yang harus dianalisa untuk mencari variasi genetik dan efektivitas pengobatan yang potensial

Video Surveillance: Video surveilans masih transisi dari CCTV ke kamera IPTV dan sistem perekaman, dimana organisasi dapat menganalisis pola perilaku (keamanan dan peningkatan pelayanan).

Transportasi, Logistik, Retail, Utilities dan Telekomunikasi:

Data sensor yang dihasilkan pada tingkat percepatan dari transceiver GPS, pembaca tag RFID dan ponsel (rekaman data panggilan [CDR]), data yang digunakan untuk mengoptimalkan operasi dan mendorong operasional intelijen bisnis (BI) untuk mewujudkan peluang bisnis langsung.


Published at : Updated
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close