People Innovation Excellence

Best of Buddy Coordinator

Freshmen Enrichment Program merupakan program yang diadakan oleh Binus University yang bertujuan untuk membantu para mahasiswa baru dalam beradaptasi di lingkungan perkuliahan. Freshmen Enrichment Program periode ganjil 2011-2012 terdiri dari  3 bagian, yakni General Orientation, Academic Orientation dan Campus Life Orientation. General Orientation dilakukan selama 5 Gelombang (Juli-September 2011), Academic Orientation dilakukan satu minggu sebelum perkuliahan, sedangkan Campus Life Orientation dilakukan selama semester 1 berlangsung.

Program Fresmen Enrichment Program ini dijalankan oleh para mahasiswa yang disebut sebagai Buddy Coordinator (BC). Para Buddy Coordinator ini bertugas untuk mendampingi mahasiswa semester 1 dari jurusannya agar dapat beradaptasi dengan sistem perkuliahan yang ada di Binus University. Selain itu, para Buddy Coordinator ini juga bertugas untuk mengajar di dalam kelas dengan topik: mind map, information literacy, learning style, perkuliahan, dan time management di semester satu.

Sebelum menjadi seorang Buddy Coordinator, para mahasiswa ini melalui proses seleksi yang cukup ketat dan menjalani psikotest serta wawancara yang dilakukan oleh Student Advisory Center (SAC). Selain itu, sebelum melakukan tugasnya, para Buddy Coordinator juga mendapatkan berbagai pelatihan untuk pengembangan softskill mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Pelatihan yang diberikan kepada para Buddy Coordinator ini antara lain Effective Communication, Emotional Intelligence and Stress Management serta seminar motivasi dari motivator Andrie Wongso

Melalui program Buddy Coordinator ini diharapkan dapat muncul para leader  baru yang mampu untuk memimpin diri sendiri maupun orang lain. Manfaat yang diharapkan dapat dirasakan oleh para Buddy Coordinator antara lain  mereka dapat belajar untuk mengembangkan diri dalam berbagai hal, terutama dalam hal komunikasi, kepemimpinan dan team-work.

Dengan total jumlah Buddy Coordinator pada Freshmen Enrichment Program  2015 sebesar 465 orang, program untuk tahun ajaran 2011/2012 ini sudah selesai dijalankan. Para Buddy Coordinator  sudah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya selama satu semester. Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap hasil kerja dan kinerja yang ditunjukkan oleh Buddy Coordinator ini, maka Binus University yang diwakili oleh bagian Personal Development SAC akan mengadakan acara  Gathering Buddy Coordinator bersama Rektor.

Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Maret 2012 bertempat di Auditorium kampus Anggrek yang dihadiri oleh pejabat Universitas dan pimpinan jurusan serta Buddy Coordinator. Pada acara ini pula diberikan penghargaan kepada para Buddy Coordinator yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya selama satu semester. Penilaian kinerja ini didasarkan pada 3 hal yaitu:

  • Komitmen (kehadiran saat tugas maupun training)
  • Peer assessment (penilaian dari rekan kerja)
  • Buddy assessment (penilaian buddy).

Berdasarkan ketiga kriteria tersebut didapatkan 10 orang BC yang menjadi  “Best of Buddy Coordinator” dan satu orang “Best of the Best Buddy Coordinator”.

Berikut adalah nama-nama Best of Buddy Coordinator:

  1. Rio Mahesa Putra (1200969706) dari jurusan Akuntansi
  2. Ellena Ekarahendry (1301035121) jurusan DKV-New Media
  3. Michella Virta ( 1401109493) jurusan DKV-New Media
  4. Ira Apriliana (1401126032) jurusan Komputerisasi Akuntansi
  5. Joscelin Djunaidi (1401114934) jurusan Komputerisasi Akuntansi
  6. Johanson (1301040342) jurusan Sistem Informasi
  7. Handajani Putri (1401098602) jurusan Sistem Informasi
  8. Hendarmin Willy (1401075366) jurusan Sistem Informasi
  9. Apri Andrian (1301007074) jurusan Teknik Informatika
  10. Sylvia Valentina  Chaodinata (1401096641) jurusan Manajemen

Dari 10 orang Best of Buddy Coordinator ini kemudian terpilih satu orang Best of theBbest Buddy Coordinator yang memiliki nilai tertinggi dari ketiga kriteria yang telah ditetapkan.. Nilai ini merupakan nilai akumulasi dari 50% komitmen, 35% peer assessment, dan 15% buddy assessment.  Selain itu penilaian ini juga dilihat dari kestabilan prestasi akademis dari BC tersebut. Best of the best Buddy Coordinator untuk tahun ini diraih oleh: Rio Mahesa Putra dari jurusan Akuntansi

Diharapkan dari kegiatan ini para mahasiswa dapat terus mengembangkan diri dan terus termotivasi untuk memberikan hasil kerja terbaik dari setiap kegiatan yang diikuti.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close