School of Information Systems

Web Analytics

Web analitik adalah proses menganalisis perilaku pengunjung ke situs Web. Dengan menggunakan web analitik akan memungkinkan pelaku bisnis untuk menarik lebih banyak pengunjung, mempertahankan atau menarik pelanggan baru untuk barang atau jasa yang ditawarkan. Web analitik (tool) mengukur aktivitas dan perilaku pengguna di situs web Anda, misalnya: berapa banyak pengguna yang berkunjung, berapa lama mereka menggunakan web, berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, halaman mana yang mereka kunjungi, dan apakah mereka datang dengan mengikuti tautan atau tidak.

Web analytic bekerja dengan sebagian besar alat (tool) web analitiknya yang menambahkan kode, biasanya dalam JavaScript pada halaman. Dengan menggunakan kode ini, alat web analitik akan menghitung setiap kali halaman mendapat pengunjung atau klik pada tautan. Kode ini juga dapat mengumpulkan informasi lain seperti perangkat, browser, dan lokasi geografis (melalui alamat IP). Layanan web analitik web biasanya juga menggunakan cookie untuk melacak setiap sesi dan untuk menentukan kunjungan berulang dari browser yang sama. Web analytic sangat penting karena Web analitik memberikan informasi berupa data yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung situs web. Dengan memahami perilaku pengguna kita bisa mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan konversi sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya, web analitik bisa menampilkan halaman paling populer di situs web Anda, kemudian Anda bisa menambahkan link untuk berbelanja di halaman ini.

Contoh web analytic yang populer:

  • Google Analytics
  • Crazy Egg
  • Spring Metrics
  • Woopra
  • Kissmetrics
  • Mopinion
  • Mouseflow

Tujuan utama dari melakukan web analytic adalah untuk mengoptimalkan situs web untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Manfaat dari web analytics yang pertama adalah Dengan web analytics, kita akan tahu berapa lama pengunjung menelusuri website kita, siapa mereka dan dari mana mereka berasal. Kita juga dapat mengetahui clickstream, keyword yang digunakan, dan bagaimana mereka bisa mengetahui website kita.

Selain itu, kita dapat mengetahui berapa kali seorang pengguna atau pengunjung kembali ke website kita. Web analytics tools juga dapat memberitahu penggunaan website kita hingga pada spesifikasi data yang lebih detail. Misalnya memberitahu kita tentang region dan bahasa dari pengunjung web hingga alamat IP dan host yang digunakan untuk mengakses website. Yang kedua adalah Jika kita sudah mengetahui data pengunjung website kita, dengan web analytic maka, kita bisa mempelajari dan lebih mengoptimalkan website kita. Dari sini, kita bisa mengembangkan ide kreatif kita mengenai hal-hal yang harus diubah atau menambahkan beberapa aspek pada web yang mungkin lebih menarik untuk pangsa pasar kita.

Yang ketiga adalah Web analytics dapat membantu kita dalam mempersiapkan e-marketing. Dengan begitu, kampanye e-marketing kita akan lebih efektif karena rencananya didasarkan pada fakta yang sebenarnya dan bukan sekadar probabilitas. Kita akan dapat benar-benar tahu apa yang diinginkan pasar. Dengan pelacakan item yang sangat diminati, kita dapat mengetahui produk yang menerima tanggapan tertinggi.

Ada beberapa faktor yang dapat membuat web analytic sangat penting, yaitu:

  • Menilai masalah konten web sehingga mereka dapat diperbaiki
  • Memiliki perspektif yang jelas dari kecenderungan situs web
  • Memantau arus lalu lintas dan pengguna web
  • Menunjukkan tujuan akuisisi
  • Mengetahui kata kunci potensial
  • Mengidentifikasi segmen untuk perbaikan
  • Mengetahui merujuk sumber

REFERENSI : 

  • https://www.yudana.id/mengenal-web-analytics-untuk-melihat-performa-website-anda/
  • https://ofiskita.com/articles/detail/sudah-tahu-belum-ini-manfaat-web-analytics-bagi-bisnis-anda
  • https://www.kapalomen.com/2016/10/pentingnya-web-analytics-dan-mengenal-google-analytics.html
Ferdianto