School of Information Systems

Value Proposition Canvas

Dalam membangun atau membuat sebuah bisnis, tentu kita perlu benar-benar mengenal produk atau jasa kita sendiri, selain itu kita juga perlu tahu apa yang menjadi kelebihan bisnis kita dibanding dengan bisnis orang lain. Value proposition canvas merupakan sebuah tool yang dapat membantu kita mengenal lebih dalam mengenai produk atau jasa, apa yang menjadi kebutuhan konsumen, sehingga kita dapat menciptakan value untuk konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut ini adalah template dari value proposition canvas.

Customer Profile

  • Gains : menjelaskan manfaat yang diharapkan, atau yang menjadi keinginan dari konsumen.
  • Pains : Pengalaman negatif atau resiko yang pernah dialami oleh pelanggan dalam proses menyelesaikan pekerjaan atau suatu hal.
  • Customer Jobs : merupakan tugas fungsional, sosial dan emosional yang dilakukan oleh pelanggan, masalah yang pelanggan coba untuk meneyelesaikan dan kebutuhan yang ingin mereka penuhi.

Value Proposition

  • Product & Services : menjelaskan produk dan jasa yang kita tawarkan, yang mana dapat membantu pelanggan menyelesaikan tugas fungsional, sosial dan emosional (Customer Job).
  • Gain Creators : menjelaskan bagaimana produk dan jasa dapat membuat pelanggan merasakan manfaat atau diuntungkan. Gain Creators harus dapat menyelesaikan Gains pada Customer Profile.
  • Pain Relievers : menjelaskan bagaimana produk atau jasa bisa menyelesaikan pengalaman negatif atau resiko yang pernah dialami oleh pelanggan, sehingga Pain Relievers harus dapat mengurangi bahkan menghilangkan Pains pada Customer Profile.

Berikut ini adalah contoh dari Value Proposition Canvas :

Referensi :

https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-value-proposition-canvas/14189/2

https://www.b2binternational.com/research/methods/faq/what-is-the-value-proposition-canvas/

https://www.slideshare.net/esaife/value-proposition-canvas-101

Risky Tri Sandi