School of Information Systems

Usability Testing

Usability Testing adalah suatu praktek pengujian suatu desain untuk melihat ease of use dari desain yang diuji. Pengujian ini biasanya dilakukan dengan memberikan sekelompok pengguna suatu set tugas yang harus dilakukan menggunakan desain tampilan prototipe yang ada.

Perbedaan yang membedakan usability testing dengan teknik pengujian lain seperti bug testing, acceptance testing, etc adalah responden yang melakukan pengujian. Usability testing  berhubungan langsung dengan calon pengguna dari produk yang diuji berbeda dengan teknik pengujian lain yang biasanya berhubungan dengan developer, designer, atau project manager. Maka hasil akhir dari usability testing akan menjadi lebih sesuai bagi penggunanya.

Ada beberapa metode dari usability testing yaitu:

  1. In-person Testing, metode ini lebih formal dari metode lainnya. Setiap pengguna akan didampingi satu moderator yang akan mencatat pengalaman pengguna saat melakukan pengujian.
  2. Remote Testing, pengguna akan dapat melakukan pengujian dari lingkungannya sendiri.
  3. Guerilla Testing, metode ini mengambil sampel pengguna secara acak dari orang – orang yang dapat ditemui dimana saja.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari melakukan usability testing

  • Memastikan kesederhanaan dan kenyamanan penggunaan
  • Dapatkan hasil langsung dari pengguna yang nantinya akan menggunakan desain tersebut.
  • Perdebatan internal dapat diselesaikan dengan menguji masalah tersebut untuk melihat bagaimana pengguna bereaksi terhadap berbagai opsi yang sedang dibahas.
  • Masalah yang ada dapat ditemukan sebelum produk diluncurkan.
  • Membuat Pengguna Terlibat dalam Ideasi
  • Identifikasi modifikasi yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan pengguna

Usability testing dapat digunakan dengan berbagai cara selama siklus proyek. Meskipun tidak dapat meniru penggunaan kehidupan nyata, pengujian kegunaan masih merupakan metode terbaik untuk memastikan desain prototipe mendukung pengguna dalam mencapai tujuan mereka dengan cepat dan mudah. Ketika bisnis memenuhi kebutuhan dan ekspektasi penggunanya, mereka cenderung berhasil memberikan layanan yang sukses.

sumber:

https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/usability-testing.html

https://www.interaction-design.org/literature/topics/usability-testing

Alifah Arif