School of Information Systems

Tren Digital Marketplace di tahun 2021

Digital Marketplace adalah suatu platfrom yang menyediakan tempat untuk penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi pembelian suatu produk atau jasa. Ini memudahkan calon pembeli produk atau jasa untuk berhubungan dengan penyedia produk atau jasa yang sesuai. Platform Digital Marketplace beragam dari website sampai aplikasi smartphone.

Semakin berkembang dan meluasnya Digital Marketplace, maka semakin besar persaingan pada pasarnya. Berikut adalah beberapa tren Digital Marketplace pada tahun 2021 yang dapat membantu memahami persaingan yang ada.

  1. Mobile Shopping

Dengan bertumbuhnya tingkat pengguna smartphone di kalangan masyarakat, maka semakin melonjaknya mobile shopping. 73% dari digital marketplace dilakukan melalui mobile shopping atau yang sering juga disebut mobile e-commerce. Untuk dapat bersaing, platform mobile e-commerce harus dapat memberikan tatap muka atau user interface yang responsif dan interaktif. Memiliki user experience yang baik adalah salah satu keunggulan yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna, penjual maupun pembeli.

  1. Vertical Marketplace

Vertical marketplace sendiri adalah suatu pasar yang ditargetkan untuk suatu sektor pasar yang spesifik untuk pembeli yang lebih spesifik. Vertical Marketplace tidak memberikan banyak pilihan barang dan jasa namun berfokus pada suatu kategori khusus dan menjadi pilihan terdepan untuk kategori tersebut. Dengan menggunakan pendekatan vertical marketplace pengguna atau audiens yang lebih spesifik akan menjadi lebih mudah untuk diraih.

  1. Artificial Intelligence

Pemanfaatan AI atau Artificial Intelligence pada digital marketing adalah chatbot. Chatbot sendiri akan membantu meningkatkan user experience pengguna saat menggunakan platform tersebut. Selain itu, pengguna dapat memberikan feedback atau keluhan kapan saja 24 jam sehari, dan masalah yang dihadapi juga dapat terselesaikan dengan cepat. Selain chatbot, AI juga dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi produk atau jasa yang paling sesuai untuk pengguna.

  1. Voice Commerce

Voice Commerce adalah fitur dimana digunakana voice commands untuk mencari dan membeli suatu produk online. Berdasarkan Microsoft report, sebanyan 72% dari pengguna smartphone sudah pernah mencoba untuk menggunakan voice assistant seperti Siri, Google’s Assistant, Alexa, Cortana, dan lain sebagainya pada perangkat mereka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, voice commands sudah sangat akrab dijumpai oleh pengguna smartphone.

  1. Omnichannel Selling

Omnichannel adalah pendekatan penjualan multichannel yang berfokuskan untuk memberikan pengalaman transaksi yang seamless, baik saat pengguna melakukan transaksi online dari perangkat seluler, laptop, atau di toko fisik.

https://www.eib.org/en/stories/what-is-a-digital-marketplace

https://www.codica.com/blog/online-marketplace-trends/

https://webkul.com/blog/horizontal-marketplace-vs-vertical-marketplace/

https://www.business2community.com/ecommerce/a-guide-to-voice-commerce-the-future-of-ecommerce-02368071

https://www.bloomreach.com/en/blog/2019/07/omnichannel-commerce-for-business.html

Alifah Amalia Arif