School of Information Systems

TREN DAN STATEGI KNOWLEDGE MANAGEMENT DI ERA PANDEMI (STUDI KASUS VERINT) BAGIAN 2

Dalam bisnis, cara berkolaborasi saat karyawan terpisah secara fisik telah menjadi tantangan. Ini mengarah ke tren KM lainnya: Menerima dan merangkul teknologi cloud. Ketika pekerjaan tiba – tiba menjadi sangat terdesentralisasi, banyak perusahaan yang telah menunda implementasi cloud  dan menaikkan jadwal mereka. Apa gunanya memiliki operasional di lokasi jika tidak ada yang diizinkan di lokasi tersebut? Adopsi cloud mengalami peningkatan pesat selama setahun terakhir dan berada di jalur yang tepat untuk melanjutkan peningkatannya.

Sederhananya, ketika pekerja yang terdesentralisasi tidak dapat beralih ke rekan kerja dan supervisor mereka, yang tidak lagi berada di ruang fisik yang sama, mereka membutuhkan tempat lain untuk mengakses pengetahuan. Perwakilan customer service, khususnya, berada di bawah tekanan untuk menanggapi pelanggan dengan cepat. Hal ini  membuat akses instan ke pengetahuan menjadi sangat penting. Sistem harus memberikan informasi yang akurat dan melakukannya dengan user interface yang mudah digunakan, serta memungkinkan kolaboratif. Prioritas perusahaan telah berubah, dan aplikasi berbasis cloud mendapatkan banyak keuntungan.

Selain itu, bekerja dari rumah mengarah ke definisi baru “jam kerja”. Ketika waktu kerja lebih lancar, hal itu memengaruhi kapan dan bagaimana orang mengakses pengetahuan dan informasi. Suatu saat di masa depan frasa “9 sampai 5” tidak lagi memiliki banyak arti.

KM Then and Now 

Pengetahuan melimpah, tidak terhambat oleh manusia yang menyebarkan virus ganas. Itu ada di mana-mana, bermunculan di berbagai tempat dan dalam berbagai bentuk. Ini bisa bersifat dangkal, seperti waktu buka dan tutup toko atau apa yang diinginkan anak kita untuk ulang tahunnya. Atau, bisa juga seperti pengetahuan mendalam tentang undang-undang yang berlaku terkait situasi pajak atau gejala yang menunjukkan penyakit tertentu yang tidak umum. Pengetahuan dalam organisasi menjadi bahan bakar pengambilan keputusan perusahaan dan dapat berdampak langsung pada keuntungan.

Pengetahuan juga dipelajari. Lihat saja anak-anak kecil mengetahui dunia di sekitar mereka. Kata pertama mereka mungkin Mama atau Papa, yang tentu saja menyenangkan orang tua, tetapi kata “panas” muncul dengan cepat ke dalam kosakata mereka, seperti halnya kata “tidak” yang selalu ada. Ini mencerminkan pengetahuan bahwa kompor dan air yang mendidih di atas kompor itu panas: Orang tua mereka memperingatkan mereka, “Tidak, jangan sentuh itu.” Sebagai orang tua, kita tidak benar-benar merayakan perolehan kata “panas” dan konsep tentang apa yang berbahaya tentang hal-hal panas saat anak-anak kita tumbuh dan belajar, namun itu adalah bagian penting dari proses perolehan pengetahuan bagi mereka.

Inilah paradoksnya: Meskipun berlimpah, pengetahuan bisa sulit ditemukan. Itu tersembunyi di silo tertentu; metadata tidak mencerminkan konten; judulnya adalah sesuatu yang umum, mungkin “Laporkan” atau sesuatu yang sama tidak membantu; itu di area terlarang; itu ditulis dalam bahasa yang tidak Anda mengerti; itu tidak memiliki metadata; atau beberapa rintangan yang tidak disengaja lainnya mengaburkan keberadaannya. Paradoks ini bukanlah sesuatu yang baru. Perpindahan untuk bekerja dalam isolasi relatif telah memperburuk masalah dalam menemukan pengetahuan yang erat dengan melakukan tugas-tugas pekerjaan. Tantangan saat ini adalah memunculkan pengetahuan yang seharusnya tidak berbentuk dan tersembunyi dari pandangan. Penyimpanan cloud dan kebiasaan kerja kolaboratif membantu, tetapi tidak cukup. Untuk itu diperlukan kecerdasan buatan.test untuk powerautomate.pptx

Nuril Kusumawardani