School of Information Systems

TELECOMMUNICATIONS, THE INTERNET, AND WIRELESS TECHNOLOGY

Internet memiliki kekurangan dan kelebihan yang banyak, salah satu kelebihannya adalah memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan pencarian informasi, berkomunikasi/berdiskusi, dan melakukan bisnis elektronik/bisnis online. Electronic Business (E-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (IT) untuk melakukan segala kegiatan bisnis, termasuk didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi. Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan sesuai dengan faktanya. Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Penggunaan internet di Indonesia untuk keperluan bisnis sebesar 43%, menunjukkan beberapa perusahaan telah menerapkan internet untuk berbisnis, yang dikenal dengan E-Business atau ECommerce.

Penggunaan internet dalam bisnis mengalami perkembangan, dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Internet memungkinkan orang dari organisasi atau lokasi yang berbeda bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau pelayanan. Dengan internet aplikasi Electronic Commerce (EC) dapat digunakan pada jaringan global, dan biasanya dilengkapi dengan aplikasi pemrosesan pesanan secara On-line, Electronic Data Interchange (EDI) untuk mengirim dokumen bisnis, dan keamanan sistem pembayaran Electronic Funds Transfer (EFT). Akibat internet, pemasaran terhadap perusahaan, produk, dan pelayanan menjadi proses yang interaktif saat ini. Situs Web perusahaan bukan hanya sekedar menyajikan katalog produk dan media promosi, melainkan digunakan untuk berkomunikasi, berdiskusi, dan berkonsultasi dengan konsumen secara On-line, bulletin boards, kuesioner elektronik, dan pengiriman surat elektronik. Sehingga konsumen dapat dilibatkan secara langsung dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk. Penggunaan internet juga sangat mendukung dalam berkomunikasi dan melakukan e business seperti Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak toko Online yang lainnya. Hal ini sangat mendukung komunikasi antara konsumen dengan penjual karena dengan adanya internet hal ini menjadi mudah, konsumen tidak perlu repot-repot mendatangi penjual. Hal tersebut menunjukkan kenapa banyak perusahaan berinvestasi pada teknologi, karena kebutuhan konsumen berkembang dengan sangat cepat. Internet juga sangat berguna dizaman sekarang ini, karena dengan adanya internet akan memudahkan semua orang dalam pencarian informasi, mengetahui berita terkini, membeli barang apapun dengan mudah, dan masih banyak lainnya. E-business ini juga akan memudahkan perusahaan dalam berinteraksi dengan kosumen, supplier maupun rekan bisnis lainnya untuk mengelola bisnisnya sehingga memperoleh keuntungan yang banyak.

Situs web adalah peluang bagus untuk mengurangi biaya tenaga kerja. Dengan menggunakan situs web untuk menjawab pertanyaan pelanggan, seseorang dapat mengurangi jumlah panggilan ke nomor layanan Anda dan dapat menawarkan dua puluh empat jam bantuan. Saat ini banyak pekerjaan yang komunikasinya melalui telepon seperti memesan barang ke Asisten Toko lalu diteruskan ke orang yang bertanggung jawab. Hal itu sekarang dipermudah

dengan adanya E-Business yang dengan mudah memesan barang dengan melihat spesifikasi barang, detail barang, serta komunikasi yang gampang dengan penjual barang tersebut.

Oleh karena itu, di zaman sekarang sangat melekat dengan media internet untuk memperlancar proses bisnis salah satunya adalah E-Business yang merupakan interaksi antara perusahaan dengan para pemasok, pelanggan, investor, dan rekan bisnis lainnya. Sehingga internet sangat berperan penting dalam proses E-Business dimana internet memberikan dukungan yang luar biasa untuk melakukan proses bisnis dan berkomunikasi dengan orang luar dengan mudahnya.

Refensi

Pengertian E-Business Dan Contohnya Serta Keuntungannya

https://media.neliti.com/media/publications/73606-ID-penggunaan-teknologi-internet-dalam-bisn.pdf

http://www.informit.com/articles/article.aspx?p=165183&seqNum=3

I Guisti Made Karmawan