School of Information Systems

Storytelling

Storytelling merupakan sebuah konsep promosi suatu produk / jasa yang saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan terutama perusahaan startup.

Menurut pahlevi, Pengertian storytelling adalah teknik atau kemampuan dalam bercerita tentang kisah, peristiwa, adegan atau dialog. Storytelling ini akan menyajikan sebuah cerita dengan cara, gaya, intonasi yang dapat menarik minat pembaca. Di dalam dunia digital storytelling sering didefinisikan secara berbeda dan sering di kaitkan dengan pemasaran konten atau cerita yang akan disampaikan kepada pelanggan.

Storytelling untuk merk produk / jasa biasanya diambil dari sejarah perusahaan dan visi -misi perusahaan tersebut. Hal ini digunakan untuk mempresentasikan karakter merk produk / jasa lewat cerita.

Oleh sebab itu pada saat ini Storytelling telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran.

Konsumen harus dapat membedakan produk dan layanan Anda dari perusahaan lain melalui enam variabel: fisik, kepribadian, budaya, hubungan, refleksi, dan selfimage. Penting bahwa ada integritas di balik merek suatu produk / jasa. Paling sering, jika produk / jasa perusahaan tidak jujur pada perusahaan itu sendiri, akan ada tidak adanya hubungan antara keaslian produk / jasa perusahaan dan merek yang diberikan. Salah satu cara bagus untuk memastikan keaslian merek produk / jasa adalah melalui Storytelling

Menurut Wulan Ernawaty (medium), promosi yang dikemas dengan cerita menarik akan lebih memikat hati kita untuk membeli suatu produk karena sebuah content akan membekas di ingatan audience bila cerita di dalamnya memiliki spirit tertentu. Misalnya kisah pendiri sebuah perusahaan. Dalam suatu brand, selain produk yang dimiliki oleh perusahaan, tentu juga memiliki seorang pendiri usaha tersebut. Sebagian besar audience menyukai cerita yang diawali kesusahan, perjuangan penuh kerja keras, dan diakhiri oleh keberhasilan.

Selain cerita tokoh pendiri, storytelling untuk brand biasanya juga diambil berdasarkan sejarah perusahaan dan misi-misi perusahaan tersebut. Dengan kata lain storytelling ini mempresentasikan karakter brand lewat cerita. Begitu juga dengan produk yang akan kita pasarkan. Saat mengunggah gambar produk, akan lebih bagus jika kita bisa menyelipkan cerita dalam kolom deskripsinya, misalnya tentang dari mana bahan baku produk itu berasal, bagaimana proses pembuatannya, dan apa saja keunggulan produk tersebut.

Hal itu bisa berguna untuk para pelanggan agar mendapatkan informasi yang jelas dari suatu produk. Storytelling ini juga dapat memperhalus proses pemasaran.

REFERENSI

Strategic Social Media: From Marketing to Social Change, First Edition. L. Meghan Mahoney and Tang Tang. John Wiley & Sons, 2017

https://www.pahlevi.net/pengertian-storytelling/ https://medium.com/purwadhikaconnect/pentingnya-storytelling-sebagai-strategi-pemasaran-digital-e6e350a4ca0d

I Guisti Made Karmawan