School of Information Systems

Pengetian, Manfaat, dan Langkah-langkah Social Media Marketing Strategy

Pengertian

Social media strategy adalah susunan dan ringkasan langkah demi langkah strategi yang akan dilakukan di media sosial dan apa saja yang ingin dicapai. Dengan adanya perencanaan yang matang, maka kita dapat melakukan marketing atau promosi dengan mudah dan lebih terencana.

Manfaat Integrasi Sosial Media dalam Marketing

  • Sosial media memberikan kesempatan untuk penyaluran suara dan mendengar. Social media memungkinkan organisasi secara aktif melibatkan pelanggan dan berpartner dalam mendengarkan, menanyakan, mengobservasi dan mengadaptasi.
  • Sosial media merupakan wadah untuk personalitas organisasi untuk berkembang.
  • Sosial media memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dan bertanggung jawab.
  • Sosial media memiliki pengaruh meningkat dalam organisasi yang memiliki budaya sosial.
  • Sosial media merupakan koneksi.
  • Pemimpin bekerja untuk menyakinkan bahwa kolaborasi dan engagement melintas semua point berdampak dalam pembicaraan produktif dengan melekat dalam kolektif pengalaman dari semua kolega.
  • Sosial media mengizinkan pelanggan dan prospek untuk berinteraksi dengan brand dengan cara lebih pribadi.

Langkah-langkah Merencanakan Social Media Marketing Strategy

  1. Tujuan Marketing Harus Jelas dan Terukur

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dapat berupa, penambahan pelanggan baru, peningkatan traffic ke website dan pengumpulan database pelanggan, peningkatan laba dan investasi (ROI), brand awareness, penjualan produk baru yang mencapai sasaran tertentu, perluasan pasar, dan sebagainya. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menentukan tujuan adalah tujuan yang dibuat harus spesifik, terukur, realistis, relevan, serta sesuai dengan jangka waktu yang juga sudah ditentukan.

  1. Terapkan Penggunaan Planner dan Content Calendar

Setelah menetapkan tujuan, maka langkah selanjutnya adalah merancang langkah demi langkah yang spesifik dan berkesinambungan untuk dilakukan setiap hari. Tujuannya, agar penerapan strategy social media marketing yang dilakukan lebih tepat sasaran. Untuk mempermudah langkah ini, maka dapat digunakan social media planner. Dalam membuat social media planner, harus dicantumkan secara jelas dan detail tentang jenis konten marketing, bentuk konten, target pasar, karakteristik audiens, dan sebagainya. Kemudian, gunakan pula content calendar yang akan membantu untuk konsisten menjalankan strategi yang sudah disusun.

  1. Lacak Matriks

Strategi media sosial selanjutnya yaitu dengan melacak matriks. Matriks yang bagus dan mudah dilacak contohnya adalah dengan melihat jumlah followers. Selain itu, dapat juga berfokus terhadap hal-hal, seperti click-through, engagement, dan rasio konversinya. Kemudian, kita juga dapat membuat target yang berbeda untuk setiap network atau tools.

  1. Membangun Relasi

Dalam berbisnis, memiliki kemampuan untuk membangun relasi dan koneksi yang luas adalah hal yang sangat penting. Cara untuk membangun relasi dapat dengan memanfaatkan media sosial, real life dengan bertemu langsung, mengikuti seminar atau pameran, dan sebagainya.

  1. Semua Hal tentang Audiens

Langkah dalam social media strategy selanjutnya yaitu mencari tahu hal-hal tentang audiens yang menjadi target pasar kita, seperti apa yang mereka suka, apa yang mereka tidak suka, dan apa yang mereka inginkan. Dengan kata lain, kita perlu mempelajari behavior dan customer journey. Hal tersebut berpotensi membuat audiens menjadi pelanggan. Jangan lupa lakukan content calendar untuk membuat konten di waktu yang tepat.

  1. Siapkan Konten Terbaik dan Strategi Marketing

Setelah mengetahui semua hal tentang audiens dan apa yang mereka suka, maka kita dapat membuat content plan yang tepat dan terbaik. Konten ini bisa berbentuk tulisan atau copywriting, video maupun pesan singkat. Pastikan konten yang dibuat mampu menjelaskan usaha Anda.

  1. Analisis Kompetitor

Social media strategy selanjutnya yaitu dengan melakukan analisis competitor. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencari tahu bagaimana strategi yang dilakukan oleh kompetitor, kelebihan produk kita dibandingkan produk kompetitor, apakah target kompetitor sama dengan target kita dan lain sebagainya. Hal tersebut membantu kita untuk dapat melakukan pemasaran dengan tepat.

  1. Optimasi dan Tingkatkan Profil

Langkah selanjutnya adalah kita perlu mengoptimasi dan meningkatkan profil secara berkala, agar audiens atau konsumen menilai bahwa bisnis yang kita miliki kredibel. Pastikan untuk mengisi dengan lengkap semua kolom profil sosial media yang digunakan, seperti Facebook, Instagram atau Twitter dan lain sebagainya. Akan lebih bagus jika kita dapat menggunakan akun khusus untuk bisnis. Prinsip utamanya adalah personal branding yang dibangun akan mendukung dan memperkuat pula brand identity bisnis yang kita miliki.

Referensi:

https://redcomm.co.id/knowledges/8-langkah-merencanakan-social-media-strategy

https://www.dewaweb.com/blog/4-strategi-dalam-melakukan-social-media-marketing/

https://accurate.id/marketing-manajemen/sosial-media-marketing-pengertian-jenis-strategi-dan-manfaatnya/

Siti Julianingsih Nurfitriyani