School of Information Systems

Pendahuluan Peranc DW GIA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di zaman modern ini, data merupakan salah satu unsur teknologi yang memiliki peranan penting dan signifikan. Dalam peranannya, ia mampu mempengaruhi kinerja suatu perusahaan entah itu dalam proses bisnis, fitur, maupun dalam hal lainnya. Namun, data yang tidak diolah tetap hanyalah data saja. Artinya, ia tidak memiliki kegunaan serta peranan yang dapat membantu serta menumbuh-kembangkan sebuah perusahaan. Untungnya teknologi di zaman ini sudah sangat maju dan berkembang dengan pesat. Atas kehadiran teknologi yang sudah sangat maju lah, perusahaan mampu mengolah data-data dengan efektif dan efisien.

Salah satu perusahaan yang memiliki jumlah data yang sangat besar dan bergerak di bidang penerbangan adalah Garuda Indonesia. Garuda Indonesia merupakan hasil joint venture antara pemerintah Indonesia dengan maskapai Belanda Koninklijike Luchtvaart Maatschappij (KLM). Zaman sekarang, hampir semua penduduk Indonesia sudah mengenal Garuda Indonesia. Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Selain itu, Garuda Indonesia telah menerapkan standar internasional sesuai dengan standar ISO 9001 — 2001. Garuda Indonesia merilis GFF (Garuda Frequent Flyer) pada tahun 1999 untuk penerbangan domestik yang meluas pada tahun 2001 dengan tambahan tidak hanya domestik tapi juga Singapura hingga Mekkah. Dengan adanya kebijakan Garuda Indonesia untuk efisiensi bagian IT, maka pengelolaan GFF bersama sistem IT lainnya yang pada mulanya dikelola sendiri, menjadi dikelola pihak ketiga. Selain itu, karena adanya perubahan pengelolaan data dan sistem, dapat dipastikan Garuda Indonesia memiliki jumlah data yang sangat besar dan tidak dapat dikelola serta diolah dengan mudah.

Namun mengingat Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, tentunya tidaklah mudah bagi Garuda Indonesia sendiri dalam mengatur dan mempertahankan segala macam proses bisnis dan fitur-fitur yang mereka berikan kepada pelanggan. Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya, peneliti ingin merancang Data Warehouse pada PT Garuda Indonesia, Tbk. Oleh karena itu, peneliti mengangkat judul “Laporan Projek Garuda Indonesia”.

Namun mengingat Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, tentunya tidaklah mudah bagi Garuda Indonesia sendiri dalam mengatur dan mempertahankan segala macam proses bisnis dan fitur-fitur yang mereka berikan kepada pelanggan. Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya, peneliti ingin merancang Data Warehouse pada PT Garuda Indonesia, Tbk. Oleh karena itu, peneliti mengangkat judul “Laporan Projek Garuda Indonesia”.

1.2 Tujuan

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, berikut merupakan tujuan dari perancangan Data Warehouse untuk PT Garuda Indonesia Tbk.:

1.2.1. Untuk melakukan analisa terhadap kegiatan anggota Garuda Frequent Flyer, baik dari enrollment, proses upgrade dan downgrade untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap customer.

1.2.2. Untuk menyediakan informasi yang cepat dan akurat sehingga manajemen Garuda dapat mengambil keputusan yang tepat dalam meningkatkan pelayanan terhadap penumpang.

1.2.3 Untuk membuat laporan dengan lebih mudah, cepat, dan fleksibel dari berbagai dimensi perusahaaan.

Evaristus Didik Madyatmadja