School of Information Systems

Hotel Management3

Hotel Management

Desyana, Della Charista , Gladys Angelica Limas ,Rifqi Muttaqin Awal       , Naufal Fikri

Bisnis Proses di hotel managemen

I. PELAYANAN MAKANAN (Core proses)

Pelayanan makanan merupakan core proses karena penyediaan layanan makanan dan minuman di hotel merupakan suatu keharusan agar para tamu dapat tinggal nyaman dan menyenangkan di hotel tersebut selain untuk costumer, penghasilan terbesar dari pengelolaan sebuah hotel adalah penjualan kamar, dan penghasilan kedua terbesar adalah penjualan makanan dan minuman, baik yang dijual di outlet–outlet restoran yang dimiliki oleh hotel tersebut maupun penjualan makanan dan minuman melalui layanan kamar ( room service ).

II. PELAYANAN ANGKUT BARANG (CORE PROSES)

Pelayanan angkut barang merupakan core proses karena layanan angkut barang sudah termasuk standar pelayanan hotel receptionist, Bell boy lebih tepat disebut tukang angkut barang.

III. PELAYANAN LUNDRY PROMOSI / SUPPORT PROSES

Pelayan laundry di hotel merupakan support proses yang dimiliki hotel, hotel memiliki kerjasama dengan agen laundry yang terpecaya sebagai penambah layanan room service hotel untuk para tamunya, Tamu yang menginap di hotel akan dikenai biaya bila meminta layanan pencucian pakaian. Besarnya biaya pencucian didasarkan atas service laundry yang diberikan. Sedangkan untuk layanan promosi hotel termasuk support proses karena promise merupakan layanan utama kepada costumer untuk memikat costumer agar memilih hotel tersebut contohnya : Hotel Matahari adalah hotel  bintang 2 di Jogja dengan kualitas pelayanan internasional dan kemudahan akses ke berbagai obyek  wisata di Jogja, seperti Kraton, Panggung Krapyak, Malioboro dan Pantai Parangtritis. Setiap hotel wajib mempromosikan layanan hotelnya agar dapat menambah costumer dan pendapatan untuk hotel itu sendiri

IV. PENAMBAHAN BARANG FASILITAS HOTEL / SUPPORT PROSES

Penambahan barang/fasilitas hotel termasuk support proses karena Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, membuat Hotel melakukan penambahan fasilitas yang dapat menunjang aktivitas para tamunya, yaitu dengan memberikan fasilitas freeWIFI. Dengan adanya free Wifi, para tamu dapat mengakses internet dari dalam kamar

Contoh hotel management di indonesia

1.Mercure Bandung Setiabudi

Grand Mercure Setiabudi Bandung memiliki akses yang mudah dengan berbagai tempat dan fasilitas umum di Kota Bandung. Hotel ini dekat dengan beberapa lokasi wisata seperti Amazing Art World, Rumah Sosis, Kampung Gajah, Kawasan Lembang, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk menuju Bandara Husein Sastranegara serta Stasiun kereta api Bandung hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Hotel ini menyediakan 204 kamar dengan fasilitas dan layanan terbaik demi kenyamanan pengunjung yang menginap. Tersedia 2  pilihan tipe kamar yaitu Superior dan Deluxe. Masing-masing kamar difasilitasi cukup lengkap mulai dari LED TV yang dilengkapi channel-channel premium, free wifi, AC, coffe/tea maker, hair dryer, 24 jam room service, dan lainnya. Hotel ini juga menawarkan pengunjung untuk bersantai sejenak sambil ditemani moktail dan koktal khas dari hotel di So’ren Lobby Bar. Fasilitas lainnya yang tersedia dan dapat dimanfaatkan pengunjung adalah adanya kolam renang dengan air hangat yang dapat memanjakan sejenak tubuh dari aktivitas seharian. Bagi pengunjung yang membawa anak, hotel juga menyediakan layanan untuk anak-anak sehingga anak betah dan nyaman selama menginap di hotel.

  1. Mercure Mirama Hotel

Mercure Mirama Hotel ialah hotel berbintang 4 yang berlokasi di Jl. Raya Darmo 68-78 Surabaya. Hotel yang terletak di kawasan pusat bisnis ini menawarkan kamar elegan yang luas dan berAC.

Lokasi hotel dapat dijangkau dengan berkendara selama 30 menit dari Bandara Internasional Juanda dan 10 menit dari Stasiun KA Gubeng. Lokasi juga dekat dengan beragam destinasi wisata populer seperti Taman Bungkul, House of Sampoerna, Museum Mpu Tantular. Tipe kamar yang ditawarkan Mercure Mirama Hotel ialah Superior Twin, Premier Superior Queen, Deluxe Queen, Premier Superior Twin, Queen Superior, dan Suite Executive. Tiap kamar bebas dari rokok dan dapat diakses pengguna kursi roda atau tamu binatu. Anak anak yang menginap di bawah usia 12 tahun tidak dikenakan biaya. Hotel juga memiliki ruangan yang elegan dan luas untuk beragam acara seperti meeting dan pesta. Fasilitas kamar yang ditawarkan tentunya sangat lengkap yakni TV, sofa santai dan meja kerja, area pemandangan, ketel listrik, minibar, kulkas kecil, kamar mandi bathub dengan alat mandi gratis, brankas pribadi, serta layanan kebersihan harian dan layanan kamar 24 jam.

Jason Fanghong Jiao, Ph.D., CPA