School of Information Systems

Hal penting yang harus dimiliki oleh Website e-Commerce

Berbicara soal e-commerce,  E-commerce merupakan sebuah teknik bisnis baru yang memanfaatkan bantuan internet dimana para klien atau customer dapat melakukan transaksi secara online 24 jam setelah website di hosting. E-commerce sendiri merupakan bagian dari bisnis online, karena sebagai penjual menawarkan produk dagangan melalui internet dan para langganan atau customer dapat memilih produk atau jasa dengan mengakses toko online melalui bantuan internet.

Melalui e-commerce tentunya kita tidak perlu repot-repot menemui para langganan karena kesemua barang yang ditawarkan sudah berada di website tersebut. Dan tentunya metode pembayaran yang diberikan bermacam-macam, seperti CoD (Cash on Delivery), transfer, dan lain-lain. Untuk meningkatkan website e-commerce, tentunya kita harus mengerti tujuan utama dari home page e-commerce nya. Pertama, buatlah toko online tersebut menjual, maksutnya adalah banyak diantaranya website e-commerce yang terlihat keren tampilannya, tetapi dalam hal untuk berbelanja mereka tidak benar benar menggunakan fasilitas itu dengan baik sehingga para customer kebingungan bagaimana caranya untuk menggunakan website e-commerce tersebut. Kedua, tampilkan keuntungan dari produk. Daftar kategori produk atau warna dari grid dapat mempengaruhi untuk membantu toko online kita. Specials deals dan new arrivals juga baiknya di tampilkan agar customer lebih tertarik untuk membeli. Ketiga, Buatlah pengunjung swebsite percaya kepada bisnis kita. Karna customer pasti akan memperhatikan betul apakah website e-commerce yang kita punya terpercaya atau tidak.  Berikut adalah hal- hal penting yang harus dimiliki oleh website e-commerce:

  • Logo yang jelas

Sebuah logo yang jelas dan luar biasa adalah kartu nama untuk kedua toko start up dan toko toko bermerk.

  • Penawaran, Freebies, dan Pengiriman Gratis

Customer biasanya sangat cepat memutuskan apakah menyukai suatu sebuah website atau tidak, itu sebabnya kita harus mengambil minat mereka dalam hitungan detik pada saat mereka masuk ke situs. Jika tidak, mereka hanya akan menemukan beberapa toko lainnya dengan homepage yang lebih menarik. Dan tidak ada yang menarik lebi baik dan lebih cepat dari shopping deals. Jutaan orang kehilangan  pikiran mereka selama periode penjualan, diskon, dan membeli sesuatu dengan harga yang dipotong karena sedang sale.

Beberapa tertarik dengan pengiriman gratis, beberapa dengan down mark besar. Tapi hampir semua orang tertarik pada satu jenis promo atau yang lain, dengan demikian, diskon dan penawaran khusus biasanya hal pertama yang pengunjung situs cari.

  • Merk Produk

Spesifikasi produk yang kita jual pada website e-commerce tidak kalah penting. Ini membantu para langganan atau pengunjung website e-commerce kita mengetahui kelebihan dari produk yang  di jual

  • Metode Pembayaran

Metode pembayaran pada website e-commerce membantu para pengunjung website untuk mengetahui bagaimana cara membayar barang atau produk yang mereka beli kepada Anda. Apakah melalui transfer, kredit atau Cod (Cash on Delivery).

  • Contact Person

Pada setiap website e-commerce wajib mempunyai contact person atau nomor yang dapat dihubungi oleh para pelanggan atau pengunjung website. Contact person ini berguna bagi mereka karena jikalau mereka mendapatkan kesulitan atau ingin bertanya lebih lanjut mengenai produk yang ada di website, mereka dapat menghubungi anda melalui contact person yang telah dipasang di website.

Annisa Safira Braza