School of Information Systems

Gamifikasi dalam Desain UX: Merancang Pengalaman Menyenangkan untuk Situasi Serius (Bagian 3)

4. Poin 

Banyak permainan menggunakan sistem poin untuk mendemonstrasikan kemajuan pemain. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat berapa banyak yang telah dilakukan dan berapa banyak yang akan terjadi. Ini adalah stimulus yang mendorong mereka untuk melanjutkan menyelesaikan tugas. Produk digital gamified mungkin menyertakan poin untuk mengukur kesuksesan pengguna juga. Teknik ini paling banyak digunakan dalam aplikasi pembelajaran bahasa, aplikasi produktivitas, aplikasi manajemen waktu, pengelola tugas, dan berbagai aplikasi pendidikan. 

Contoh yang bagus sistem poin adalah permainan yang disebut Papers Please, di mana pemain ditempatkan pada posisi pejabat di negara otoriter fiksi. Poin pemain diwakili oleh gaji dan tabungan mereka, tetapi mereka bisa kehilangan melalui denda ketika mereka melakukan kesalahan, serta biaya seperti sewa, makanan dan melindungi keluarga mereka dari penyakit. Ada insentif yang kuat bagi pemain untuk mempertahankan poin dalam gamifikasi agar tetap dalam permainan. 

Dalam hal poin, ada argumen yang mendukung dan menentang penggunaan penilaian poin tradisional. Tetapi tujuan utama dari pembelajaran yang di-gamified harus selalu memberikan pengalaman yang unik, menarik, dan bermakna kepada peserta didik. 

5. Perjalanan 

Video game standar selalu memiliki level yang berbeda dari yang termudah hingga yang paling rumit. Dengan cara ini seorang pemain dapat beradaptasi dan dengan mudah memahami bagaimana permainan bekerja pada level yang mudah dan kemudian terus belajar dan membuat kemajuan. Di akhir permainan, seorang pemain biasanya menjadi pesaing yang terampil yang dapat menangani tugas-tugas yang lebih kompleks. Jika orang menerima tugas yang sulit pada awalnya, mereka tidak dapat menanganinya. Atau jika game hanya terdiri dari tantangan yang mudah, pemain akan segera bosan. 

Hal yang sama berlaku untuk barang digital. Sebuah produk yang memiliki sistem interaksi yang sederhana seringkali menarik perhatian pengguna dengan kenyamanannya. Namun, jika orang menggunakannya dalam waktu lama dan tidak ada perubahan sama sekali, mereka mungkin akan bosan. Jika suatu produk memiliki sejumlah besar fitur di awal, mereka mungkin tersesat di dalamnya. Untuk menghindari masalah seperti itu, desainer perlu memikirkan UX sebagai perjalanan pengguna, membimbing mereka langkah demi langkah ke titik pencapaian. 

6. Kendala 

Kendala Batasan. Tenggat waktu. Kedengarannya tidak lucu sama sekali, bukan? Namun, itu tetap merupakan elemen permainan. Hitung mundur sering digunakan dalam permainan untuk memotivasi pemain untuk menyelesaikan level atau tugas tertentu dalam waktu yang terbatas. Meskipun kendala tampaknya menciptakan ketegangan psikologis bagi pengguna (tidak ada yang mengatakan itu tidak benar, LOL), mereka juga memotivasi mereka untuk bereaksi lebih cepat dan mengambil tindakan. Sebenarnya, banyak pengguna yang membutuhkan dan ingin dibatasi waktu untuk mendapatkan inspirasi dan menjadi lebih produktif. Ini adalah peluang bagus bagi Anda, sebagai desainer, untuk memenuhi kebutuhan pengguna. 

Peran gamifikasi dalam pengalaman pengguna 

Peran gamifikasi? Itu luar biasa, menyenangkan, dan sangat penting. Gamification mengubah interaksi pengguna dengan produk menjadi pengalaman tak terlupakan yang penuh dengan petualangan, tantangan menyenangkan, dan kesenangan menang. Berbagai jenis mekanisme game memungkinkan kami menciptakan pengalaman tertentu dan membangkitkan spektrum emosi pengguna tertentu. 

Pikirkan itu dari perspektif UX empatik. Gamification memberdayakan Anda untuk mendorong emosi manusia yang secara otomatis berarti produk Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menjadi sukses karena mendapat reaksi pengguna. Itu tidak luput dari perhatian dan segera terlupakan. Itu menjadi luar biasa dan menonjol. 

 

References: 

  • Arhipova, A. (2021). Gamification Mechanics in UX: Smart User Journey, https://blog.tubikstudio.com/  
  • Calcutt, R. (2019). Points in Gamification: 3 Ways to Go Beyond the Basics to Create Great Learning, https://leolearning.com/ 
  • Grendelgames (2021). How to improve engagement with leaderboards in gamification?, grendelgames.com 
  • Kachan, D. (2021). Gamification in UX Design: Designing Fun Experiences for Serious Situations, Uxmag.com  
  • Kapp, K. (2014). Use of Challenge in Gamification and Learning Design.Karkapp.com  
  • Orlig (2021). Gamification Badges: Top 5 Tips to Use Them Effectively, https://www.orliggamification.com/ 
Nuril Kusumawardani