School of Information Systems

Bagaimana Strategi untuk Membuat Content Marketing

Jadi jika kita ingin memulai suatu rencana konten pemasaran, langkah pertama adalah memahami bahwa kita bisa membuat rencana pemasaran konten yang dapat membantu kita mencapai tujuan yang kita inginkan untuk bisnis kita, sangat penting untuk memiliki rencana promosi terlebih dahulu agar kita dapat mengetahui kapan dan apa yang akan kita promosikan. Ketahui tanggal-tanggal penting tahun ini yang di mana diantara hari-hari itu mungkin akan ada suatu peluncuran program baru atau meluncurkan lini produk baru atau benar-benar mendorong layanan tertentu sehingga konten kita dapat membantu kita mendapatkan lebih banyak eksposure untuk program berbayar, untuk layanan berbayar , dan juga untuk produk berbayar kita.

Sangat penting bahwa rencana pemasaran konten kita sejalan dengan rencana promosi kita. Ada salah satu kesalahan terbesar yang saya lihat menurut video youtube bahwa pengusaha online hanya mengupload konten secara terus menerus tanpa benar-benar memiliki strategi yang benar tentang bagaimana produk kita bisa diterima, apakah bagus atau tidak, apakag berguna atau tidak, seharusnya mereka memposisikan konten mereka dengan benar sehingga dapat menjual produk mereka terlebih dahulu. layanan dan program mereka seharusnya bisa banyak menjual tanpa mengganggu konsumen dan tetap melayani mereka, sangat penting bagi kita untuk mengingatnya.

Ada beberapa proses untuk membuat rencana pemasaran konten seperti:

  • Memahami tujuan-tujuan dari konten:

Tujuan dari suatu konten marketing bukan hanya untuk mendatangkan visitor, tetapi membuat visitor tersebut mau membeli produk kita, tidak hanya itu ada beberapa tujuan yang lain seperti meningkatkan kepercayaan, karena didalam bisnis kepercayaan itu sangat penting karena jika customer percaya, pasti akan setia, ketika setia maka dia pasti akan terus beli dikita.

  • Mengetahui target pasar:

Seperti yang kita tau, kita tidak bisa asal menjual produk kita maka itu kita harus memahami siapa target kita. Agar bisa merencanakan strategi content marketing yang sukses, kita harus mengetahui target audiens kita. Target audiens konten inilah yang disebut dengan buyer persona. Dengan memahami siapa target audiens, kita bisa memproduksi konten yang lebih relevan dan bermanfaat bagi mereka. Hal ini berlaku bagi bisnis yang baru saja buka dan bisnis yang sudah lama berjalan. Untuk bisnis yang baru buka sudah tentu memerlukan pengetahuan mengenai target baru. Begitu juga dengan bisnis yang sudah lama berjalan. Bisa jadi target audiens Anda mengalami perubahan. Untuk itu kita juga perlu mengupdate riset buyer persona setiap kurun waktu tertentu agar bisa memberikan konten yang selalu relevan.

  • Memilih Platform:

Dijaman teknologi ini banyak sekali platform yang bisa kita pilih untuk berjualan, nah sisa kita memilah mana yang cocok untuk bisnis kita, mana yang menguntungkan, mana juga yang tidak menghasilkan seperti Shopee,  kita bisa mudah menjual barang karena itu adalah marketplace, lalu bisa juga menggunakan Tiktok jika ingin membuat konten yang menarik dan lucu, jika ingin membuat konten blog bisa menggunakan wordpress atau blogspot, semua tergantung dengan apa yang ingin kita jual.

  • Brainstorm ide konten:

Setelah memilih platform sisa membuat ide-ide yang dapat memikat konsumen dengan konten marketing kita, lalu meriset apa yang sedang dicari oleh para konsumen.

  • Menentukan jenis konten:

Terdapat berbagai konten, seperti podcast, dance video, blog, dll semua bebas dibuat.

  • Post dan kelola konten:

Buatlah jadwal dalam memposting suatu konten agar akun tersebut berkembang dan menjangkau banyak orang, karena disetiap platform ada algoritma yang membuat suatu post yang menarik dapat tampil diakun-akun yang belom terjangkau (belum memfollow) akun kita dan konsisten dalam membuat konten.

  • Audit Content Marketing:

Content marketing bukan hanya tentang bagaimana menerbitkan konten-konten baru. Konten-konten lama juga harus menjadi perhatian. Anda perlu melakukan evaluasi konten secara teratur untuk mengetahui konten-konten mana yang berhasil mengumpulkan trafik dan mana yang tidak.

Referensi:

https://www.niagahoster.co.id/blog/strategi-content-marketing/

http://panduanim.com/content-marketing-bisnis/

https://www.youtube.com/watch?v=oz4KVRSxL9s

 

Dibuat oleh :

2301923792 – Barends Michael Matthew – Business Information Technology

D5181 – Ferdianto, S.Kom, M.MSI – SCC Information Engineering

Barends Michael Matthew, Ferdianto, S.Kom, M.MSI