School of Information Systems

Apa itu Chatbot

Chatbot merupakan sebuah teknologi yang sering digunakan oleh beberapa perusahaan besar untuk membantu pekerjaan dari Customer Service. Seiring berkembangnya jaman chatbot terus melakukan evolusi, yang dimana Chatbot sekarang sudah berbasis Artificial Intelligent atau yang sering dikenal sebagai robot virtual, yang dapat mensimulasikan percakapan antar manusia. Dengan pemanfaatan teknologi Chatbot tersebut dalam perusahaan  tentu membawa keuntungan antara lain customer tidak perlu menunggu jawaban yang lama dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi, dan customer tersebut juga dapat menanyakan jawaban dari permasalahan tersebut tanpa batas waktu (24 jam), tentu hal ini juga  membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan seperti dapat  menghemat biaya karyawan sebagai customer service.

Tentu ada beberapa hal yang perlu dipastikan terlebih dahulu jika ingin menerapkan teknologi chatbot dalam perusahaan antara lain,

  1. Perusahaan harus dapat menentukan tujuan bisnis secara jelas, sehingga perusahaan dapat memikirkan konsep bot yang akan dirancang untuk memaksimalkan kepuasaan customer dari perusahaan tersebut.
  2. Perusahaan harus dapat menentukan saluran yang tepat untuk dapat menjangkau customernya, perusahaan harus dapat menentukan untuk layananan chatbot ini akan diintegrasikan melalui platform apa saja yang dimiliki perusahaan seperti website, sosial media, messenger ataupun media
  3. Perusahaan harus melakukan pelatihan terlebih dahulu terhadap chatbot yang akan digunakan, hal ini perlu dilakukan agar chatbot dapat memberikan response yang tepat dari pertanyaan yang diberikan oleh customer.
  4. Perusahaan harus dapat memberikan pendekatan yang seimbang, hal ini perlu dilakukan karena akan ada waktu dimana chabot tidak dapat mengerti pertanyaan yang diajukan oleh customer, maka perusahaan harus dapat menentukan dengan tepat tahapan masalah apa saja yang dapat diselesaikan dengan chatbot, dan yang mana diselesaikan dengan bantuan customer service.
  5. Perusahaan harus melakukan evaluasi setelah penggunaan chatbot, hal ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat menilai seberapa jauh performa chatbot yang dihasilkan.

References :

Jeffrey Arief Mulyono