School of Information Systems

Analyzing Twitter Metrics

Dalam menganalisa metrik Twitter, ada beberapa cara yang tersedia dalam melakukan analisa tersebut. Cara-Cara yang pada umumnya dilakukan dalam menganalisa metrik Twitter, yaitu; melacak jumlah rujukan situs web dengan Google Analytics, melacak tautan yang dipersingkat, menggunakan aplikasi Twitter Analytics dari Twitter, menggunakan aplikasi analisis Twitter dari pihak ketiga, dan melacak akun dengan notification tab.

Dengan menggunakan Google Analytics, melacak jumlah rujuakan situ web dari sebuah tautan dapat dilacak. Dengan hasil analisa pelacakan data tersebut dalam berbentuk metrik, dapat diperolehnya informasi seperti contohnya tautan yang paling banyak merujuk, rujukan tautan paling popular berdasarkan daerah, dan juga informasi-informasi lainnya yang dapat membantu dalam pengembangan.

Banyak jasa yang menawarkan untuk mempersingkat tautan seperti contoh-nya bit.ly dan bit.do, jasa ini juga menyediakan jasa atau tools analisa di dalam aplikasi-nya, dan dengan tool analisa yang disediakan oleh jasa tersebut, bisa juga lakukannya pelacakan rujukan seperti halnya google analytics yang mana dari pelacakan tersebut dapat dihasilkannya informasi – informasi seperti tautan yang paling banyak merujuk, rujukan tautan paling popular berdasarkan daerah, dan juga informasi-informasi lainnya yang dapat membantu dalam pengembangan.

Twitter menyediakan analytics tools di dalam website atau aplikasi, dan di dalam analytics tools yang disediakan oleh Twitter, terdapat 4 bagian dashboard, yang mana setiap dashboard tersebut memuat informasi – informasi yang berbeda. Dashboard yang disediakan oleh analytics tool dari Twitter tersebut terbagi menjadi 4 dengan nama dan informasi yang dimuat pun berbeda, 4 dashboard tersebut adalah activity dashboard, follower dashboard, website dashboard, dan cards dashboard. Activity dashboard memuat informasi – informasi seperti contohnya perbandingan data dari setiap bulannya, data tersebut adalah seperti contohnya impressions, retweets, dan engagement levels yang direpresentasikan dalam bentuk metrik atau qualitative data. Follower dashboard memuat informasi – informasi seperti contohnya followers’ gender, location, interest, age, dan detail – detail lainnya dengan total, average, dan beberapa filterasi lainnya. Website dashboard akan menampung informasi – informasi berupa qualitative data yang sudah diberikan konteks, dan qualitative data tersebut berasal dari hasil pelacakan seberapa sering beberapa URL telah disebutkan dalam tweet dan berapa banyak klik yang diterima situs tersebut.

Dalam halnya menganalisa Twitter metrik terdapat berbagai penyedia jasa analisa tersebut dengan cara menggunakan sebuah aplikasi yang telah dibuat oleh penyedia tersebut, beberapa contoh aplikasi analisa Twitter metrik dari pihak ketiga ada seperti TweetStats dan TwitterCounter, yang juga menawarkan jasa analisa seperti halnya analytics tools yang disediakan oleh Twitter. Dalam melakukan pelacakan perkembangan akun Twitter, notifications tab dapat digunakan untuk memeriksa tweet ranking, monitoring mention tab, dan melihat subject dari direct messages.

Pada Tweet impressions akan disajikan informasi – informasi di bawah bagian Tweet, informasi tersebut dapat berupa daftar semua Tweet dan jumlah tayangan, kinerja Tweet individu, serta filterasi berdasarkan beberapa bulan terakhir atau ikhtisar tayangan kumulatif selama 28 hari. Manfaatkan informasi ini adalah untuk melihat qualitative data dengan konteks seperti tweets yang memperoleh tayangan paling banyak, atau membuat Tweet tentang subjek serupa, dan gambaran umum kumulatif untuk membandingkan aktivitas bulanan. Informasi seperti mencari apa tweets dengan tayangan lebih tertinggi, waktu tweets yang paling sering. Tweet Promosi, akan membantu konten dalam menjangkau lebih banyak orang. Setiap bulan, dashboard analitik utama akan menampilkan Tweet teratas dan Tweet media teratas (menurut tayangan).

Klik “Lihat aktivitas Tweet” untuk melihat keterlibatan spesifik yang dikelompokkan berdasarkan perluasan detail, klik tautan, klik profil, dan banyak lagi. Melihat semua Tweet teratas per bulan diletakkan di tempat yang sama memungkinkan untuk mengumpulkan pembelajaran dan melihat kesamaannya.

Di followers dashboard, melacak bagaimana follower telah meningkat selama 30 hari terakhir, dan juga berapa banyak follower baru yang terima per hari. Jika melihat hari tertentu telah mendapatkan atau kehilangan beberapa follower, pastikan untuk memeriksa apa Tweet hari itu untuk mencoba dan menentukan penyebabnya. Pertimbangkan untuk menjalankan followers campaign untuk mendapatkan follower baru dari yang terlibat di campaign. Jumlah kunjungan ke profil Twitter ditampilkan di bagian atas analytics dashboard. Jumlah ini tercermin dalam periode 28 hari dan diperbarui setiap hari. Ini juga menunjukkan perbandingannya dengan periode 28 hari terakhir, bersama dengan grafik mini yang menampilkan data ini dari waktu ke waktu. Mirip dengan metrik kunjungan profil, @mention selama 28 hari terakhir dan dari waktu ke waktu dapat dilihat. Mention teratas juga ditampilkan setiap bulan, dihitung berdasarkan keterlibatan, dengan tautan rujukan yang mengarahkan langsung ke Tweet. Dashboard utama akan menampung analisis Twitter. Di sini, dapat ditemukan metrik utama – disebut Tweet highlight- untuk setiap bulan.yang mana hal tersebut termasuk; Tweet teratas Anda, Sebutan teratas Anda, Pengikut teratas Anda. Maka dari itulah cara beberapa cara yang tersedia dalam melakukan analisa Twitter metrics

Referensi :

  • Business.twitter.com. 2020. 7 Useful Insights You Can Learn From Twitter Analytics. [online] Available at: https://business.twitter.com/en/blog/7-useful-insights-twitter-analytics.html [Accessed 26 November 2020].
  • Jan Zimmerman, Deborah Ng (2015). Social Media Marketing All-in-One For Dummies, John Wiley & Sons, Inc. New Jersey. ISBN: 978-1-118-95135-4
  • Social Media Marketing & Management Dashboard. 2020. How To Use Twitter Analytics: The Complete Guide For Marketers. [online] Available at: https://blog.hootsuite.com/twitteranalytics-guide [Accessed 26 November 2020].
  • https://www.youtube.com/watch?v=kMSW9wC0rdw
Hendy Rahardja & Ferdianto