School of Information Systems

Mulai Menabung di Digital Payment

Perkembangan teknologi menuntut dunia perbankan untuk melakukan inovasi baru. Setelah layanan internet banking, mobile banking, dan sms banking, kini perbankan ramai meluncurkan tabungan digital. Tabungan online dianggap sebagai opsi tabungan masa depan karena pembuatannya yang mudah dan praktis dengan banyak manfaat dan fitur andalan.

Produk tabungan digital ini mengadopsi teknologi aplikasi smartphone, sehingga sangat mudah untuk digunakan di mana saja dan kapan saja. Terpenting adalah lokasi saat mengakses produk harus tersambung dengan akses internet. Jadi, bagi masyarakat yang sibuk tidak perlu lagi antre berlama-lama di bank. Seperti tabungan konvensional, tabungan digital memiliki fungsi sebagai sarana penyimpanan uang dan bisa dilakukan untuk transaksi sesama atau antar-bank. Bedanya, tabungan ini dilengkapi dengan sejumlah layanan yang bisa diakses dengan mudah melalui layar smartphone. Produk ini juga berbeda dengan mobile banking, tabungan digital menawarkan sejumlah fitur untuk mengelola keuangan melalui smartphone.

  • Jenius

Jenius adalah aplikasi perbankan besutan Bank BTPN. Untuk menggunakan layanan ini, cukup mengunduh aplikasi di Android atau iOS. Proses pendaftaran dapat dilakukan langsung di aplikasi, lalu tinggal tunggu kartu debit diantar ke lokasi yang di tentukan.

Nomor rekening Jenius dapat menggunakan #Cashtag berupa nama atau username sehingga gak perlu repot mengingat nomor yang panjang.

  • Wokee dari Bank Bukopin

Wokee merupakan inovasi perbankan digital dari Bank Bukopin yang baru diluncurkan padatahun 2017. Tabungan elektronik ini bebas biaya administrasi, tanpa minimal saldo dan tanpa setoran awal, serta bisa melakukan penarikan tunai kapan pun tanpa menggunakan kartu (cardless withdrawal). Seperti Jenius, buat menggunakan Wokee, cukup melakukan registrasi aplikasi dari App Store atau Google Pay.

  • Digibank

Digibank jadi inovasi mengatur uang menggunakan teknologi dari bank DBS. Untuk menggunakannya, cukup siapkan e-KTP dan kunjungi agen di cabang DBS maupun di pusat perbelanjaan. Lalu, unduh dan instal aplikasinya di smartphone-mu.

REFRENSI :

https://duitologi.com/articles/2019/04/01/ingin-punya-tabungan-digital-ini-pilihan-dan-keunggulannya/

Annisa Safira Braza