School of Information Systems

TIBCO SPOTFIRE X INTERFACE OVERVIEW

  1. Menjalankan Tibco Spotfire

Untuk menjalankan aplikasi desktop Spotfire, pengguna terlebih dahulu harus melakukan login ke server spotfire yang ingin digunakan, prosedur login akan diarahkan melalui aplikasi, dan login akan dilakukan di browser pengguna.

  1. Homepage Spotfire X

Gambar diatas merupakan menu utama saat membuka tibco Spotfire X, ada 3 pilihan menu utama pada saat membuka Spotfire X.

Bagian A : Spotfire akan memberikan contoh analisis sesuai dengan kategori yang tertera

B : Opsi untuk membuka data Spotfire yang sudah tersimpan di dalam computer

C : Pilihan untuk membuka data dari library Spotfire.

  1. Data Analysis Interface

Ketika pilihan introduction to spotfire dipilih, maka akan muncul tampilan dokumentasi seperti gambar diatas.

A. Menu Navigasi : Terdiri dari 3 submenu yaitu menu Files and Data, Data in analysis dan                        Visualization Types

B. Main Menu Bar

C. Tab Dokumen

Pada bagian kiri terdapat menu untuk menambahkan data, menampilkan data yang sedang di analisis dan juga pilihan untuk memilih jenis table untuk menampilkan data yang di analisis.

Ketika menu Data in Analysis dipilih, maka akan menampilkan kategori data yang dapat di Analisa, dalam tampilan diatas yang ditampilkan adalah contoh data atau dummy data yang sudah ada pada aplikasi untuk pembelajaran.

Menu Visualization Types dapat digunakan untuk menampilkan dan memilih jenis table yang digunakan untuk menyajikan data pada Spotfire X.

  1. Conclusion

Tibco Spotfire X memiliki Interface yang cukup mudah untuk dipelajari karena menu utama yang minim memudahkan untuk mencari fungsi – fungsi yang ada pada aplikasi, selain itu Spotfire X memiliki fungsi penyajian data untuk data analytic yang sangat banyak, salah satu keunggulan dari Spotfire adalah dapat menampilkan data Map Chart untuk keperluan data analytic dalam skala yang sangat besar seperti contoh dibawah :

Oleh karena banyaknya fungsi pada Spotfire X, maka diperlukan pelatihan dan penguasaan aplikasi yang baik sehingga aplikasi dapat digunakan secara maksimal.

Alvian Shanardi Wijaya