School of Information Systems

Tantangan Revolusi Industry 4.0 dalam dunia Pendidikan

Perkembangan era atau revolusi Industry 4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan saat ini. Tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0 berupa perubahan dari cara belajar, pola berpikir serta cara bertindak para pelajar / mahasiswa dalam mengembangkan inovasi kreatif  mereka. Dengan hal ini, dapat menekan angka pengangguran di Indonesia khususnya dalam persaingan pasar global.

Selama ini, kita sering beranggapan bahwa pengajar adalah kunci keberhasilan pembelajaran pelajar / mahasiswa, tetapi lupa untuk mengakui bahwa pengajar tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar siswa pada era Industry 4.0. Pola dan metode pembelajaran lama sering kali menempatkan pengajar menjadi satu-satunya sumber belajar dan ‘maha tahu’ di dalam ruang kelas, seolah melupakan bahwa pelajar / mahasiswa yang merupakan subjek belajar pun sesungguhnya merupakan sumber belajar bagi teman-temannya.

Banyak aspek yang dapat mengubah cara berpikir manusia di era digital ini. Salah satunya adalah aktifitas akademik yang mulai dijalankan dengan menggunakan teknologi (belajar melalui internter dll), berbagi dalam menciptakan ide dan ilmu yang akan dibuat, berinteraksi, serta berkolaborasi dalam hal sossial dengan memandang aspek yang akan diterapkan. Pengajar yang ada di era revolusi Industry 4.0 harus meningkatkan pemahaman dalam mengekspresikan diri di bidang literasi media, memahami informasi yang akan diajarkan atau dibagikan kepada pelajar / mahasiswa. Diharapkan semua pihak yang berhubungan dengan akademika dapat meningkatkan kolaborasi dalam oerientasi Pendidikan mendatang serta merubah kinerja sistem Pendidikan yang dapat mengembangkan kualitas pola pikir pelajar dan penguatan digitalisasi Pendidikan yang akan mulai berbasis aplikasi.

References

Mampukah Pendidikan Kita Beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0?. (2019). Retrieved from https://kumparan.com/birokrat-menulis/mengurai-pekerjaan-rumah-pendidikan-indonesia-menyongsong-revolusi-industri-4-0-1543639076398979922

Jennifer Alexandra