School of Information Systems

TOGAF for Enterprise Architecture

TOGAF for Enterprise Architecture

            Di jaman yang serba modern ini, tentu setiap orang memiliki strategi dan standadnya masing masing, misalnya seperti standard gaji, standard kehidupan , bahkan standard bagi perusahaan. Perusahaan sendiri mempunyai rancangannya tersendiri yang disebut dengan Enterprise Architecture. Enterprise architecture merupakan sebuah proses menerjemahkan dan mengkomunikasikan sebuah visi misi perusahaan untuk memastikan perusahaan akan berjalan lebih baik kedepannya.

Enterprise Architecture menurut Pusat Riset Sistem Informasi di Massachusetts Institute of Technology adalah aspek yang spesifik dari bisnis suatu perusahaan:

Enterprise Architecture adalah tentang mengorganisasikan proses bisnis dan infrastruktur teknologi informasi yang diintegrasikan dan distandarisasi tergantung kepada visi misi dan model operasional perusahaan. Model operasional adalah model yang paling cocok dengan integrasi dan standarisasi proses bisnis untuk mendistribusikan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen

 

            Namun, untuk menyelaraskan Enterprise Architecture perusahaan, perlu adanya sebuah standard yaitu TOGAF. TOGAF (The Open Group Architecture Framework) merupakan sebuah kerangka kerja serta metode yang dapat diterima secara luas dalam pengembanagan arsitektur perusahaan. TOGAF dapat memberikan metode yang lebihdetail untuk implementasi tentang bagaimana membangun dan mengelola serta bagaimana perancangan yang baik dari sebuah Sistem Informasi untuk sebuah Enterprise Architecture. Dengan kata lain bahwa TOGAF yang diikuti dengan arsitektu enterprise adalah untuk mengoptimalkan seluruh lingkungan dan keadaan perusahaan terhadap perubahan da mendukung kinerja perusahaan itu sendiri agar mencapai keseimbangan yang tepat dan efisiensi teknologi informasi dan inovasi bisnis yang ada.

 

Cindy