School of Information Systems

Pengaruh Business Intelligence dan Data Warehouse dalam Perusahaan

Seperti kita ketahui bahwa untuk perusahaan perusahaan skala besar di jaman modern ini sangat membutuhkan yang namanya data warehouse dan bisnis intelligence, mengapa? Karena tidak hanya untuk penyimpanan data melainkan juga untuk Analisa data yang akurat untuk kemajuan perusahaan dan kedepannya. Persaingan bisnis yang semakin ketat dan semakin kompetitif ini membuat setiap perusahaan dituntut untuk mencari peluang yang baik dan dapat mencari system pengambilan keputusan yang baik yang nantinya dapat mempengaruhi kinerja perusahaan di masa yang akan datang.

          Menurut ahli, bisnis intelligence merupakan sebuah metode atau konsep dimana seseorang atau sebuah perusahaan dapat meningkatkan kualitas dan pengambilan keputusan bisnis berdasarkan system yang berbasiskan data yang artinya juga merupakan sebuah bentuk aktivitas atau implementasi yang gunanya menunjang kemajuan perusahaan untuk mengolah data dan informasi yang kemudian diolah lagi menjadi pengetahuan agar nantinya dapat digunakan untuk proses analisis perusahaan yang lebih luas lagi.

Contoh contoh benefit bisnis intelligence dalam perusahaan yaitu sebagai support system untuk meramalkan bagaimana penjualan perusahaan dalam kurun waktu tertentu dan bagaimana cara perusahaan untuk meningkatkan profit perusahaan di masa yang akan datang.

            Tidak kita pungkiri bahwa dalam Business Intelligence kita akan menemui sebuah istilah yang Namanya adalah Data Mining. Data Mining sendiri merupakan pencarian sebuah pola pola perusahaan yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sesuatu yang berguna bagi perusahaan itu sendiri. Dari tumpukan data data yang ada tersebut nantinya proses Data Mining ini sendiri bertujuan untuk mencai apa saja data yang dapat digunakan untuk dianalisis kembali dan dapat berpengaruh bagi sistem pengambilan keputusan perusahaan.

            Kemudian, salah satu contoh tools yang diguanakan untuk melakukan aktivitas Business Intelligence ini sendiri yaitu adalah dengan menggunakan SQL Server, benefitnya yaitu yang pertama adalah SQL Server ini murah dan sudah banyak digunakan sehingga tidak begitu asing digunakan dalam kehidupan organisasi sehari hari. Yang kedua yaitu dapat mengatasi berbagai sumber dasta yang digunakan oleh perusahaan. Selain itu tools ini mendukung perusahaan untuk dapat beroperasi secara real time yang artinya kapan pun dan dimanapun dapat di akses.

            Kesimpulannya adalah, perusahaan yang baik tidak mengabaikan aktivitas analisis datanya karena analisis data sangat mempengaruhi aktivitas dan nkemajuan perusahaannya di masa yang akan datang.

Cindy Nataliana