School of Information Systems

Membangun Customer Relationship Dengan Generasi Millenial

Membangun Customer Relationship Dengan Generasi Millenial

-Sandi-

            Siapa yang tidak tahu dengan customer relationship? ya, di dalam sebuah bisnis tentunya tidak bisa lepas dengan yang namanya customer. Tentu sebuah bisnis jika tanpa customer akan menjadi sebuah masalah besar yang akan berpengaruh dengan kelangsungan bisnis itu sendiri. Saat ini, perusahaan terus meningkatkan strategi mereka untuk membangun hubungan dengan customer lebih dan lebih lagi. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebuah perusahaan membutuhkan CRM. CRM atau yang biasa dikenal dengan customer relationship management adalah sebuah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi yang membantu menarik proses penjualan, serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada menjadi pelanggan yang memiliki loyalitas. Tujuan dari CRM itu sendiri untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan.

            Perusahaan tentu harus selalu beradaptasi membangun strategi untuk bisnis mereka tetap dapat bertahan, bukan hanya strategi menghadapi competitor bahkan perusahaan harus membangun strategi untuk perubahan generasi. Generasi sekarang ini seperti generasi millennial memiliki karakteristik yang sangat jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya dari gaya hidup hingga perilaku mereka ketika menjadi seorang customer. generasi millennial memiliki karakteristik yang ikut-ikut tren atau dengan kata lain, mereka susah menjadi customer loyal dari sebuah bisnis.

Berikut ini tips mengambil hati customer generasi millennial :

  • Mempersingkat Waktu Layanan

Generasi millennial memiliki sifat yang ingin tau secara cepat atau instan hal ini disebabkan oleh kehidupan sekitar mereka yang serba instan. Menurut penelitian, sekitar 71 persen pembeli online mengatakan mengapresiasi waktu pelanggan adalah hal yang paling penting untuk usaha bisnis online yang dapat lakukan. Selain itu, sekitar 25 persen dari generasi millenial mengatakan mereka ingin mendapatkan respon dari customer service dalam waktu hanya 10 menit. Jadi, didalam merespon customer generasi millennial harus dilakukan secara singkat sehingga tidak membuat mereka menunggu lama.

  • Penggunaan Media Sosial

Generasi millennial terkenal dengan “No gadget No Life”. Perusahaan dapat memanfaatkan hal ini dengan mempromosikan produk atau melakukan aktivitas lainnya dengan menggunakan media sosial. Melalui media sosial, perusahaan dapat lebih cepat untuk mendapat perhatian mereka untuk berpastisipasi.

  • Membuat pengalaman brand yang positif

Brand merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan loyalitas generasi millennial. Sebelum membeli sesuatu generasi millennial akan melihat yang namanya image dari brand tersebut. Mereka akan sangat loyal jika sebuah produk memiliki brand image yang bagus dibanding dengan kualitas dari barang itu sendiri.

Referensi :

https://www.prismapp.io/blog/126/5-tips-mengambil-hati-customer-generasi-millennial

Risky Tri Sandi