People Innovation Excellence
 

Pengenalan User Experience Design – 3

Tak jarang User Experience sering disamakan dengan User Interface yang sudah populer terlebih dahulu. Lalu faktor apakah yang membedakan antara User Experience dan User Interface?

Berdasarkan definisi yang diberikan oleh belajarkoding.net, berikut adalah pengertian dari masing – masing definisi :

  • User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design yaitu adalah:

Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. Bahasa gampangnya, UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

  • User Interface

User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah :

Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna. Bahasa gampangnya yaitu UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Kamu bisa mendapatkan inspirasi desain dari  behance.com, dribbble.com atau webdesignserved.com.

Jadi dapat disimpulkan bahwa UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa dan apakah itu memecahkan masalah bagi pengguna. Sedangkan User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding.

Kemudian berdasarkan medium.com/@dwipriyatmoko/, berikut definisi dari User Experience dan User Interface :

  • Apa itu UX?

UX (User Experience) adalah suatu pengalaman pengguna (user) saat menggunakan/berinteraksi dengan sebuah produk, yang mana hal ini bersifat subjektif karena berasal pada persepsi dan pemikiran individu yang berhubungan dengan sistem dan apa yang mereka rasakan saat menggunakan sebuah produk.

  • Apa itu UI?

UI (User Interface) adalah penjembatan antara pengguna (user) dengan produk melalui tampilan visual baik itu bentuk, warna, tulisan (typography) untuk menciptakan interaksi yang menarik dari sebuah produk. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna/user dalam menggunakan sebuah produk secara efektif.

  • UI/UX design

Jadi dari penjelasan sebelumnya jika dibuat keterkaitan antara UI dan UX, adalah sebuah proses dalam membuat desain user interface dan pengalaman yang didapatkan dari produk yang digunakan oleh user.

UI design merancang seluruh tampilan interface dan keseluruhan detailnya, sedangkan UX merupakan keseluruhan pengalaman dan struktur sebuah produk yang disusun untuk mencapai tujuan produk tersebut. UI dan UX adalah hal yang selalu berkaitan satu sama lain, karena untuk menghasilkan UI yang baik harus didukung dengan UX yang baik pula.

Membuat UI design yang menarik jika tidak mempertimbangkan segi UX maka desain tersebut akan menjadi hambar, dan sebaliknya perencanaan UX yang matang tanpa memperhatikan segi detail interface sebuah produk menjadikan desain yang kurang sempurna.

Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa User Experience dan User Interface adalah dua hal yang berbeda. Aspek psikologis pengguna menjadi konsen utama dalam User Experience. Selain itu User Experience cakupannya lebih luas karena User Interface hanya berfokus ke dalam perancangan tampilan secara digital.

Berikut adalah beberapa ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antar user experience dan user interface :

Sumber Referensi :

https://belajarkoding.net/apa-itu-user-experience-ux-dan-user-interface-ui/ Diakses tanggal : 12 Desember  2018.

https://medium.com/@dwipriyatmoko/proses-dari-ui-ux-designer-part-1-33e330d4b094 Diakses tanggal : 12 Desember  2018.

http://www.writingfordesigners.com/wp-content/uploads/2016/11/Knowing-the-difference-between-the-UX-and-UI-design-1-1.jpg Diakses tanggal : 15 Desember 2018.

https://medium.com/swlh/ui-vs-ux-two-halves-to-a-whole-c893670dc2b5 Diakses tanggal : 15 Desember 2018.

https://digitalfractal.com/wp-content/uploads/2016/07/ux1.png Diakses tanggal : 15 Desember 2018.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close