People Innovation Excellence
 

Apa Itu Perusahaan Unicorn?

Apa Itu Perusahaan Unicorn?

Oleh Fransisca

            Sebelum masuk ke istilah unicorn, akan lebih baik kita mulai dulu dari istilah startup. Pasti banyak dari kita yang sudah sering mendengar istilah tersebut. Startup sendiri adalah istilah yang digunakan untuk  menggambarkan perusahaan berbasis teknologi informasi yang baru saja dirintis kurang dari 10 tahun. Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak perusaah starup yang bermunculan. Indonesia sendiri saat ini sudah memiliki banyak sekali starup-startup. Banyak juga anak muda di Indonesia yang memulai startup. Bahkan sekolah, perguruan tinggi, dan juga pemerintahan sangat mendukung terciptanya startup-startup baru di Indonesia. Sebagai contoh adanya mata kuliah kewirausahaan di beberapa universitas dan lomba menciptakan aplikasi yang diadakan oleh kementrian perhubungan. Bahkan Presiden Indonesia, Bapak Jokowi juga sangat meendukung perkembangan startup. Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informasi menargetkan 5 unicron hingga tahun 2019. Selain itu, Menteri Komunikasi dan Informasi, Bapak Rudiantara juga mengatakan bahwa digital banking mempunyai peluang untuk menjadi unicorn ke 5 dari Indonesia.

            Dalam dunia startup ini, sudah sangat dikenal sebuah istilah, yaitu unicon. Unicorn adalah sebuah istilah atau sebutan yang awalnya diciptakan oleh Aileen Lee, seorang venture capital investor dan juga founder dari Cowboy Venture. Unicorn ini sendiri menjadi gelar untuk startup yang memiliki valuasi 1 miliar dollar atau lebih.

            Berdasarkan data per Januari 2019, menurut CBInsight, terdapat 306 startup unicorn dari berbagai negara. Beberapa startup di Indonesia juga masuk ke dalam daftar tersebut. Untuk saat ini, ada 7 perusahaan unicorn yang berasal dari negara Asia, 4 diantaranya berasal dari Indonesia. Startup unicorn dari Indonesia antara lain: Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

            Jadi ada banyak peluang bagi anak-anak muda untuk berpikir lebih lagi dan out of the box untuk menciptakan startup-startup baru untuk Indonesia. Dimana teknologi bisa menjadikan kehidupan menjadi lebih efektif dan efiesien sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Inti dari sebuah startup adalah sebuah nilai yang bisa diberikan, menjadi sebuah kontribusi untuk membangun keadaan yang lebih baik.

Referensi:

https://www.cbinsights.com/research-unicorn-companies

Movanita, A. N. (n.d.). Ekonomi. Retrieved from Kompas: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/26/122204126/jokowi-dorong-startup-lain-susul-empat-unicorn-di-indonesia

Widowati, H. (n.d.). Berita. Retrieved from Katadata: https://katadata.co.id/berita/2018/03/07/rudiantara-targetkan-unicorn-keenam-dari-startup-fintech


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close