School of Information Systems

Pengenalan User Experience Design

Pengenalan User Experience Design

 

User Experience saat ini sudah menjadi sebuah metode yang sudah banyak dikenal orang untuk melakukan desain suatu produk. Lalu apakah user experience itu? Mari kita lihat definisi user experience dari berbagai sumber :

Menurut belajarkoding.net, User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design yaitu adalah: Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Pengertian lainnya dari medium.com/@dwipriyatmoko, UX (User Experience) adalah suatu pengalaman pengguna (user) saat menggunakan/berinteraksi dengan sebuah produk, yang mana hal ini bersifat subjektif karena berasal pada persepsi dan pemikiran individu yang berhubungan dengan sistem dan apa yang mereka rasakan saat menggunakan sebuah produk.

User Experience berfokus pada pemahaman yang mendalam tentang pengguna seperti apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka hargai, kemampuan yang mereka miliki, dan juga keterbatasan mereka. Selain itu pengetahuan tersebut diperhitungkan untuk menentukan tujuan dan sasaran bisnis kelompok yang dikelola dalam sebuah proyek User Experience. Keuntungan dari pengunaan User Experience adalah peningkatan kualitas interaksi pengguna dengan persepsi produk / layanan terkait lainnya.

Setelah kita mengetahui tentang definisi UX, lalu mengapa sih UX dianggap penting? Jika Anda adalah seorang pebisnis dan mencoba menarik lebih banyak pembeli lewat website atau aplikasi Anda, UX memang jadi sangat penting.

Berikut adalah data penelitian yang mendukung argumen bahwa UX merupakan faktor sangat penting untuk sukses di era serba digital!  (dewaweb.com/blog/user-experience/)

  • Menurut penelitian dari Imaginovation, sebuah lembaga penelitian berbasis di Amerika: Jika konten Anda tidak dioptimalkan dengan baik, sebanyak 79% pengunjung akan keluar dari website Anda dan mencari konten/produk lainnya.
  • Menurut penelitian dari lembaga riset HubSpot: pengguna ponsel 5X lebih punya kecenderungan untuk meninggalkan website Anda jika website tidak dioptimalkan agar sesuai dengan perangkat yang mereka punya. (Gawat kalau setidaknya ada 2/3 pelanggan yang akses website Anda dari ponsel mereka sebenarnya ingin melakukan pembelian pada hari itu juga)
  • Menurut penelitian dari lembaga riset MindTouch: Ini kasus nyata, pendapatan dari website ESPN.com melonjak 35% setelah mereka mendengarkan keluhan pengguna mereka dan mendesain ulang homepage mereka.
  • Menurut Adobe: 39% orang akan berhenti mengakses website jika gambar tidak dimuat-muat atau terlalu lama loading-nya.

Sumber Referensi :

https://belajarkoding.net/apa-itu-user-experience-ux-dan-user-interface-ui/. Diakses tanggal 15 November 2018

https://medium.com/@dwipriyatmoko/proses-dari-ui-ux-designer-part-1-33e330d4b094 . Diakses tanggal 19 November 2018

https://www.usability.gov/what-and-why/user-experience.html Diakses tanggal : 21 November 2018.

https://www.dewaweb.com/blog/user-experience/ . Diakses Tanggal akses : 22 November 2018.

Dibuat oleh : Ferdianto / 1100028605 / Research and Project Coordinator

Ferdianto