School of Information Systems

Pentingnya Etika Bisnis untuk Penunjang Sistem Informasi

                Dalam dunia bisnis, tentu kita menemukan banyak sekali  rintangan rintangan saat menjalankan sistem informasi yang ada pada bisnis yang kita jalani.Namun perlu kita ketahui bahwa sangat penting bagi kita untuk mengetahui etika etika bisnis yang ada dan bagaimana cara mengaplikasikannya.

                Etika bisnis merupakan salah satu factor yng mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan, ini dikarenakan banyak hal hal spesifik yang berbeda beda di tiap bidang pekerjaan, maka dari itu setiap bagian perusahaan mempunyai perbedaan etika bisnisnya tersendiri.

                Etika bisnis juga mempunyai beberapa keunggulan dalah berjalannya proses bisnis yang ada yaitu yang pertama adalah peningkatan kredibilitas, dengan adanya peningkatan kredibilitas ini sendiri merupakan dampak dari etika bisnis yang sifatnya dapat menyamaratakan standard bisnis sehingga setiap karyawan mempunyai standard etis yang sama meskipun tidak mengenal satu sama lain.

                Dapat membantu menjelaskan bagaimana perusahaan menjalankan tanggung jawab sosialnya. Dengan begitu karyawan karyawan tau standard yang dipegang oleh tiap tiap perusahaan dan tidak pelu berlama lama berimprovisasi untuk menyesuaikan diri dengan etik yang sudah ada di tiap tiap perusahaan.

                Yang ketiga yaitu Self Regulation. Pada self regulation ini sendiri, perusaaahn dapat menmpunyai haknya sendiri untuk mengatur perusahaannya sendiri tanpa adanya batasan atau gangguan dari pihak lain selama masih ada pada standard yang diberlakukan.

                Yang keempat yaitu meningkatkan kepercayaan investor, dengan adanya etika bisnis yang dimiliki perusahaan, maka investor juga tidak segan segan untuk terus menaruh kepercayaannya pada perusahaan dan mengurangi keraguan investor pada perusahaan.

                Yang kelima yaitu meningkatkan daya saing. Pada kali ini, daya saing yang semakin ketat di tiap tahunnya bias juga dipengaruhi oleh etika bisnis, maka semakin baik etika bisnis yang diterapkan oleh perusahaan terutama di bidang system informasi, maka semakin baik pula daya saing perusahaan tersebut.

                Yang terakhir yaitu menjaga dan meningkatkan image/ citra dari perusahaan itu sendiri. Dengan adanya standard etika bisnis yang baik, tidak hanya daya saing saja yang meningkat, namun juga meningkatkan citra perusahaan di mata perusahaan atau pesaing lain.

Cindy