School of Information Systems

Progressive Web Apps (PWA)

Progressive Web Apps (PWA)

Ketika user mengunjungi situs web lewat desktop biasanya akan berjalan sangat lancar dan tanpa masalah, gangguan pun terjadi biasanya hanya ketika jaringan bermasalah, tetapi seringkali banyak masalah muncul ketika user mengunjungi situs web atau aplikasi web lewat mobile, tanpa notifikasi langsung ke laman menu ketika user menutup aplikasi web, loading yang terkadang sangat lama pada jaringan yang buruk yang hanya menampilkan layar putih.

Karena hal itu seringkali user terpaksa harus menginstal aplikasi native, tetapi terlalu banyak aplikasi yang diinstal tentu akan semakin mengurangi ruang penyimpanan, juga user harus mencarinya terlebih dahulu di apps store sebelum diinstal.

Aplikasi Web Progressif diharapkan mampu untuk mengatasi masalah tersebut. PWA adalah aplikasi web yang berjalan layaknya aplikasi native, notifikasi dan UX seperti aplikasi native. Service Workers adalah teknologi dibalik PWA yang memberikan fungsionalitas offline, notifikasi, update konten, pergantian konektifitas dan lainnya. Memang belum banyak yang membahas tentang service workers dan bagaimana sebenarnya service workers itu diterapkan, tetapi bila user mengunjungi developer google, bisa dikatakan service workers adalah semacam proxy yang berada ditengah antara aplikasi web, browser, dan jaringan, atau lebih sederhana lagi bisa dianalogikan aplikasi user akan diatur oleh service workers agar bisa berlajan offline terlebih dahulu, mengembalikan data dari cache jika request ke jaringan gagal.

Gambar Alur Kerja Service Worker

Keunggulan dengan menggunakan PWA antara lain:

  1. Instant loading

Dapat digunakan pada saat offline ataupun dengan koneksi internet yang jelek sekalipun.

  1. Add to Homescreen

Dapat menambahakan ikon aplikasi pada home user.

  1. Notifikasi

Dapat mengirimkan notifikasi layaknya aplikasi native pada umumnya.

  1. Fast

Halaman website lebih interaktif dan smooth.

  1. Secure

Menggunakan protocol HTTPS yang dimana lebih aman dibandingkan protokal HTTP biasa.

  1. Responsive

Dapat dibuka pada perangkat yang berbeda.

Viriya