School of Information Systems

Cloud Computing for Business Management

Seperti yang kita tahu bahwa di era yang modern saat ini kita sangat membutuhkan informasi yang cepat dan tepat serta penyimpanan data yang besar terutama bagi perusahaan. Mengapa? Karena tiap perusahaan memiliki transaksi tiap hari , tiap jam, bahkan bisa tiap detik. Maka dari itu, sangat diperlukan teknologi yang dapat menunjang sistem perusahaan untuk mengelola data dan transaksi mereka agar lebih efisien.

                Cloud computing ini sendiri merupakan sebuah teknologi gabungan komputerisasi berbentuk awan yang biasanya digunakan sebagai penyimpanan data. Ada tiga jenis layanan yang dimiliki oleh cloud computing yaitu Software as a Service, Platform as a Service, dan Infrastructure as a Service. Ketiga jenis layanan ini mempunyai manfaat dan kegunaannya tersendiri.

                Adapun yang pertama yaitu adalah software as a service, SaaS ini biasanya disajikan dalam bentuk yang terbatas, seperti contohnya jika anda pengguna IOS anda akan diberikan sekitar 5gb data memory icloud untuk penyimpanan data pribadi anda sendiri dalam komputasi awan.

                Yang kedua yaitu Platform as a service, pada PaaS ini tentunya layanan yang diberikan sangat besar karena bisa menampung framework , sistem operasi, dan lain lain sehingga biasnaya layanan ini digunakan untuk orang orang yang memiliki perusahaan perusahaan penyedia aplikasi.

                Yang ketiga yaitu adalah Infrastructure as a service, IaaS memiliki layanan yang cukup mirip dengan PaaS , namun pada layanan ini, kapasitas cloud lebih diperluas karena perusahaan yang menggunakan layanan ini memerlukan layanan yang menyediakan infrastruktur untuk kelangsungan proses bisnis keseluruhan yang mereka miliki.

                Dari ketiga layanan diatas, kita tahu bahwa cloud computing sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan perorangan karena disamping efisien, cloud computing juga sangan dibutuhkan untuk keamanan mobilitas yang dimiliki orang orang di era jaman sekarang seperti ini mengingat perlunya layanan akses yang serba cepat dana man untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan selama proses bisnis berlangsung

Cindy Nataliana