People Innovation Excellence
 

ENTERPRISE SYSTEM

ENTERPRISE SYSTEM

Seiring dengan berkembangnya teknologi tentu saja banyak aspek dalam kehidupan yang juga ikut berkembang. Salah satu contoh perkembangan yang paling dekat dengan kehidupan ialah perkembangan suatu bisnis. Inti sari dari sebuah ide bisnis ialah empati, sehingga ide ide bisnis dapat ditemukan dilingkungan sekitar. Ide bisnis tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis kecil yang jika digeluti dapat bertumbuh menjadi bisnis tingkat nasional maupun multinasional.

Dalam perjalanan kehidupan bisnis tersebut, dapat dilihat bahwa sebuah bisnis yang baru berkembang cenderung didominasi oleh komunitas yang sempit dan informasi yang ada pun cenderung sedikit, ketika bisnis tersebut sudah berkembang cakupan manusia dan informasi yang ada pun akan bertambah secara sendirinya.

Bisnis membutuhkan penggerak dan pelaksana, yakni manusia, manusia ini dapat dikatagorikan sebagai enterprise. Enterprise adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama yakni untuk mendapatkan keuntungan.Enterprise berperan sebagai suatu entitas. Sedangkan data-data dan informasi yang ada dapat diibaratkan sebagai sebuah sistem enterprise. Sistem enterprise adalah sebuah sistem yang mendukung organisasi untuk menciptakan budaya yang lebih disiplin.

Platform teknologi yang bisa menyatukan semua informasi menjasi satu bagian secara logikal menjadi hal yang mendasar dalam sistem enterprise. Sehingga sebuah sistem enterprise yang baik diharapkan memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Adanya standardisasi à setiap transaksi yang sama harus diproses pada jaan yang sama
  • Adanya control à jika ada perubahan maka sistem harus dapat menyesuaikan dengan terkontrol
  • Adanya manajemen sistem
  • Memiliki data yang heterogen

Enterprise sistem dapat dikatagorikan menjadi 3 bagian yakni:

  1. Customer relationship management

Sebuah pendekatan dalam mengelola hubungan korporasi dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda

  1. Supply Chain management

Konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan

  1. Enterprise Resource Planning

Sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi.

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close