People Innovation Excellence
 

GREAT CONTENT STARTS WITH YOU

Pernahkah terlintas di pikiran Anda ketika melihat sebuah desain, “Wah! Desain ini menarik! Komposisi warna yang eye-catching!” atau “Keren ya! Cara penyampaiannya out-of-the-box banget!”. Hal ini tentunya sering Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pernahkah Anda berpikir bagaimana cara membuat desain yang menarik sehingga orang yang melihat desain tersebut dapat ”jatuh cinta” pada karya tersebut?

Ann Handley berkata bahwa “Good content is not story-telling. It’s telling your story well.” Konten yang baik ialah konten yang dapat menceritakan apa yang menjadi inspirasi Anda pada saat menyusunnya. Yang menjadi a million-dollar question is how to gather the idea to make it a great content?

Sama hal-nya dalam user experience, sebuah desain yang baik harus memiliki kejelasan akhir akan apa yang ingin disampaikan, desainer harus mengerti segmentasi pasar yang dituju, dan desain harus jelas tanpa saling tumpang- tindih satu sama lain. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dijadikan acuan dalam membuat sebuah ide konsep:

  1. Tentukan tema besar dari desain

Konten yang baik merupakan interseksi dari apa yang perusahaan (atau Anda) harapkan dengan apa yang publik inginkan. Dalam menentukan tema, diperlukan brainstorming, apakah tema yang akan diangkat sudah dipakai sebelumnya atau belum, apakah cocok dengan gambaran besar yang akan disampaikan atau tidak.

Figure 1 http://www.joelesina.com/thebriefcase/content-marketing-simple-guide/

  1. Tentukan color palette yang akan digunakan

Color palette adalah sekumpulan warna yang disusun dan di-mix and match hingga memberikan kombinasi warna yang menarik mata. Menentukan warna yang digunakan akan sangat mempengaruhi outcomes dari sebuah desain.

Figure 2 https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjiv-r63IzdAhXUV30KHaavCl4QjRx6BAgBEAU&url=http%3A%2F%2Fwww.novinzi.com%2F%25D8%25A7%25D8%25B5%25D9%2588%25D9%2584-%25D8%25A7%25D9%2588%25D9%2584%25DB%258C%25D9

  1. Gunakan tidak lebih dari 3 font(s)

Tidak ada hukum pasti mengenai penggunaan jumlah font dalam sebuah desain, tapi Anda harus mempertimbangkan konsistensi dari desain yang Anda buat, semakin banyak font tidak menentukan desain Anda menjadi semakin menarik, cenderung hal yang terjadi adalah sebaliknya. Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan:

  • Konsistensi
  • Kombinasi antara Serif dan Sans-serif
  • Kontras

Figure 3 https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjlrKag4ozdAhVIXSsKHZKpALsQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fdesignaglow.com%2Fblogs%2Fdesign-aglow%2F15230653-designer-diary-lets-talk-about-type&psig=AOvVaw39EiJn

Jadi, untuk membuat konten yang hebat diperlukan konsistensi dalam pemilihan tema, warna, dan font, ketika ketiga elemen ini telah dieksekusi dengan baik, pada akhirnya penilaian kembali ke masing-masing individu menurut sense of art yang mereka miliki, karena tidak ada seni yang tidak indah.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close