People Innovation Excellence
 

Disaster Recovery Plan

Disaster Recovery Plan

            Disaster recovery plan adalah sebuah rencana yang dibuat untuk kelanjutan sebuah bisnis. Suatu bencana bisa saja terjadi tiba-tiba tanpa kita sadari. Bencana memang tidak bisa dicegah, tetapi tentunya kita dapat mempersiapkan sehingga jika bencana itu datang, kita sudah mempunyai back up plan.

            Ada tiga jenis discover recovery plan yan bisa menjadi pertimbangan, tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yaitu:

  • Cold Site

Cold site adalah tipe disaster recovery plan dengan pembiayaan yang paling murah. Pada tipe ini, kita seperti menyiapkan tempat pengungsian. Jika terjadi bencana, kita sudah tahu ke mana harus pergi. Tetapi pada tipe ini, seperti disebut sebelumnya adalah tempat pengunsian. Untuk masalah IT, tidak disiapkan hardware yang diperlukan, sehingga akan sulit mengakses data-data perusahaan.

  • Warm Site

Warm site adalah  tipe disaster recovery plan yang membutuhkan pembiayaan lebih dari cold site, tetapi dalam hal data, lebih mudah untuk mengakses. Pada warm site ini, selain tempat pengungsian, disediakan juga hardware-hardware yang biasa digunakan/ memiliki spesifikasi yang baik. Namun hardware ini hanya disediakan, belum diinstallasi dengan software-software khusus yang biasa digunanan dalam kegiatan bisnis.

  • Hot Site

Hot site adalah tipe disaster recovery plan yangmembutuhkan pembiayaan yang paling besar namun mempunyai nilai efisien dan efektivitas yang tinggi. Hot site dibuat persis dengan lingkungan kerja sebenarnya. Dengan hardware dan software yang biasa digunakan serta data-data yang sudah terintegrasi. Hal ini membuat ketika bencana terjadi, hanya tempat bekerjanya saja yang dipindah, tetapi lingkungannya sama dan sudah siap digunakan.

Dalam memilih disaster recovery plan ada banyak hal yang harus dipertimbangan. Besar kecilnya suatu bisnis, banyaknya data yang perlu diaksses, dan faktor-faktor lainnya. Disaster recovery plan membantu perusahaan tetap menjalankan proses bisnisnya walaupun terjadi bencana. Selain itu juga menyelamatkan aset-aset penting ketika terjadi bencana.

Referensi :

Baltzan, P., & Phillips, A. (-). Business Driven Information Systems. 04. MHE. . ISBN: 9781259060335.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close