People Innovation Excellence
 

Tipe-tipe Testing yang Harus dilakukan pada Aplikasi Mobile

Tipe-tipe Testing yang Harus dilakukan pada Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile kini sudah dikembangkan oleh banyak perusahaan. Dalam pengembangan aplikasi mobile tentu dilakukan testing. Pengujian yang dilakukan yaitu seperti resolusi layar, prosesor, kemampuan baterai dan memori dapat mempengaruhi kemampuan dan efisiensi aplikasi. Berikut beberapa tipe testing yang harus dilakukan dalam pengembangan aplikasi mobile:

Usability Testing

Usability testing merupakan cara untuk mengetahui apakah aplikasi yang telah dibuat mudah digunakan dengan mencobanya pada user.

User diminta untuk menyelesaikan sebuah tugas, biasanya saat mereka diawasi oleh peneliti, untuk meilhat dimana mereka menemui masalah dan kebingungan. Jika lebih banyak orang mengalami masalah yang sama, rekomendasi akan dibuat untuk mengatasi permasalahan dalam penggunaan tersebut.

Installation Testing

Installation Testing adalah mengecek apakah aplikasi perangkat lunak sudah sukses diinstalasi dan bekerja sesuai yang diinginkan setelah instalasi. Selain itu juga dilakukan proses uninstall dari aplikasi. Jadi pada testing ini, dicek apakah proses install dan uninstall aplikasi sudah berjalan baik atau belum.

Functional Testing

Functional testing merupakan tahap terpenting, karena pada tahap ini diuji apakah aplikais sudah sesuai dengan ketentuan. Biasanya pada testing ini dicari bug pada aplikasi atau mengecek permasalahan pada navigasi. Pengujian ini harus dilakukan sebagai tahap awal pengembangan. Pengujian ini memungkinkan penguji untuk mengukur permasalahan database dan jaringan.

Performance Testing

Pengujian ini dilakukan langsung pada perangkat yang bersangkutan. Pada pengujian ini, dilakukan pengujian kinerja client, jaringan dan server. Selain itu juga dilakukan pengujian bagaimana kinerja aplikasi saat sedang dalam beberapa kondisi seperti saat baterai akan habis, sinyal buruk, memori rendah, dan lain sebagainya.

Interruption Testing

Untuk menguji apakah terjadi sesuatu pada aplikasi pada saat terjadi interupsi. Interupsi-interupsi tersebut antara lain:

  • Masuknya SMS atau chat
  • Peringatan memori rendah
  • Notifikasi saat memasukan kabel dan melepaskan kabel
  • Notifikasi baterai rendah
  • Dan lain-lain

Memory Testing

Pada pengujian ini dicek jumlah penggunaan memori sebuah aplikasi. Karena setiap perangkat mobile memiki jumlah memori terbatas, maka pengujian ini merupakan hal yang sangat penting.

Security Testing

Security testing menguji ketahanan aplikasi terhadap hacking, autentikasi autorisasi dan aturan keamanan lainnya. Pengujian ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa data aplikasi dan kemanan jaringan sesuai dengan standar.

Daftar Pustaka

What is Installation Testing? (n.d.). Retrieved Juli 5, 2018, from Software Testing Class: https://www.softwaretestingclass.com/what-isinstallation-testing/

What is usability testing? (n.d.). Retrieved July 7, 2018, from experience UX: https://www.experienceux.co.uk/faqs/what-is-usability-testing/https://www.experienceux.co.uk/faqs/what-is-usability-testing/

Yalanska, M., & A. Y. (n.d.). The Brief Guide to Testing Mobile Interfaces. Retrieved Juli 2018, 5, from Tubik Studio: https://tubikstudio.com/brief-guide-to-testing-mobile-interfaces/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close