People Innovation Excellence
 

Overview of SAP Business One

           

           SAP (Systems, Applications, and Product in Data Processing) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di dalam bidang Software Development yang menyediakan produk untuk Enterprise Resource Planning. SAP merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di eropa dan memiliki berbagai produk yang ditargetkan untuk perusahaan-perusahaan yang berbeda, Salah satunya adalah SAP Business One.

            SAP Business One merupakan ERP Software yang menyediakan modulmodul inti (financial accounting) serta beberapa fitur – fitur adisi seperti procurement, human resource, controlling, dll. SAP Business one merupakan produk SAP yang memiliki kisaran harga yang paling murah dibandingkan dengan produk SAP lainya seperti mySAP All-In-One, mySAP Business Suite, dll. SAP Business One memiliki UI yang mirip dengan Microsoft Window sehingga memudahkan pengguna untuk beradaptasi dengan sistem tersebut. SAP Business One ditargetkan untuk perusahaan dengan skala bawah hingga menengah.

SAP Business One ditargetkan untuk perusahaan menengah kebawah karena produk tersebut sudah mengakomodasi fungsi-fungsi akuntansi dasar dan dilengkapi dengan fungsi-fungsi lainya yang dapat digunakan untuk departmen lain. Walaupun SAP Business One belum memiliki fitur atau modul ERP yang lengkap, produk tersebut sudah tepat digunakan jika perusahaan memiliki jumlah karyawan dibawah 100 orang.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh SAP Business One adalah sebagai berikut :

  • Easy to Use
  • Fast Learning Curve
  • Affordable
  • Rapid Implementation

Beberapa Fungsi yang ditawarkan SAP Business One adalah :

  1. Financial Management

Mengotomatiskan proses finansial dan akuntansi. Dapat mensupport mata uang yang berbeda, budgeting, bank reconciliation.

  1. Warehouse and Production Management

Dapat mengatur inventory dari beberapa Gudang. Dapat membuat pembelian berdasarkan material requirement planning.

  1. Customer Relationship Management

Menawarkan Sales & Opportunity Management, dapat menyimpan data Supplier dan Customer sebagai Business Partner.

  1. Purchasing

Mengotomatiskan proses Procurement dari pembuatan PO hingga Invoice

Selain fitur dan fungsi tersebut, SAP Business One juga menawarkan Costumization Tool  yang bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa Tool tersebut adalah :

  • Do it Yourself Tools

Pengguna dapat mengubah isi dan field dalam aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Pengguna juga dapat mengganti default value yang digunakan sistem.

  • Extension

SAP Business One dapat diintegrasikan dengan lebih dari 500 industry specific solution.

  • Interface

Tampilan SAP Business One dapat diintegrasikan dengan software lain, dalam hal ini, Microsoft Office.

Sejarah perkembangan SAP Business One adalah sebagai berikut. Pada tahun 2002 SAP berhasil membeli perusahaan TopManage Financial System, sebuah perusahaan asal Israel, lalu pada tahun 2004 SAP juga membeli perusahaan iLytix System AS, sebuah perusahaan asal Norwegia yang membuat software untuk report dan Budget. SAP menggabungkan perangkat lunak dari ke-2 perusahaan tersebut untuk membuat SAP Business One. Pada tahun 2006 SAP membeli Praxis Software Solution, sebuah perusahaan yang bergerak dalam membuat perangkat lunak untuk  aplikasi Web-Based dan e-commerce. Pada tahun 2006 SAP berkerja sama dengan CitixSys untuk membuat SAP Business One lebih terkonsolidasi.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close