People Innovation Excellence
 

APP STORE OPTIMIZATION

Sudah marak sekali sekaran aplikasi di seluruh dunia saat ini. Secara kasar, artinya tiap 1 pengguna akan dihadapkan dengan jutaan pilihan saat mereka akan menginstall sesuatu di dalam smartphone mereka dan lagi perlu diingat bahwa jumlah ini terus bertambah setiap harinya.

Melihat hal ini, permasalahan yang muncul adalah bagaimana pengguna bisa menemukan sebuah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. kemudian juga bagaimana para pengembang aplikasi mobile bisa membuat target penggunanya mengunduh produk atau aplikasi mereka di tengah banyaknya aplikasi yang ada sekarang.

Oleh karena itu cukup penting untuk mengetahui tentang optimalisasi apa yang bisa dilakukan saat membuat aplikasi mobile agar lebih mudah ditemukan oleh para pengguna smartphone.

Data dari Apptentive diatas menggambarkan darimana seorang pengguna menemukan sebuah aplikasi mobile.

Apakah ASO itu?

Secara umum ASO bisa didefinisikan sebagai proses optimalisasi aplikasi mobile untuk meningkatkan peringkat pencarian di dalam sebuah toko aplikasi. Semakin tinggi peringkatnya maka kemungkinan pengguna melihat aplikasi tersebut semakin tinggi, begitu seterusnya hingga sebuah aplikasi bisa masuk ke dalam daftar top 10.

Untuk dapat melakukan proses ASO maka diperlukan pemahaman soal siapa target pengguna dari aplikasi tersebut, tren apa yang sedang berlangsung di dalam lingkungan mereka, dan lain sebagainya. Pemahaman tersebut kemudian akan dikonversi menjadi keyword yang akan dimasukkan ke dalam judul maupun deskripsi dari sebuah aplikasi mobile. Tentunya keyword yang dihasilkan haruslah memiliki volume pencarian yang tinggi dari pengguna supaya aplikasi tersebut semakin mudah muncul saat pengguna melakukan pencarian.

Secara umum proses ASO ini mirip dengan proses SEO (Searh Engine Optimization), sama-sama meningkatkan trafik pengguna lewat kata kunci. Perbedaannya hanya di platformnya saja.

Komponen Dasar ASO

  • Judul

Kata kunci yang akan ditempatkan di judul sebuah aplikasi haruslah memiliki volume pencarian yang tinggi. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu sering mengganti judul aplikasi maka akan memberikan efek yang kurang baik, karena jika judul terlalu sering berubah makan proses penyebaran aplikasi dari word of mouth akan sulit berjalan.

Lebih baik sediakan waktu tersendiri untuk melakukan riset untuk menentukan judul atau nama dari sebuah aplikasi mobile.

  • Deskripsi

Lakukan riset kata-kata apa saja yang banyak dicari oleh segmen pengguna yang ditargetkan. Cara mudahnya adalah dengan memantau keyword yang digunakan kompetitor. Untuk bagian ini pergantian deskripsi bisa dilakukan sesering mungkin dan seperlunya tentunya dengan memantau perkembangan tingkat kepopuleran keyword yang ada deskripsi

 Reference : https://neilpatel.com/blog/app-store-optimization/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close