People Innovation Excellence
 

The Importance of Usability Testing

The Importance of Usability Testing

Sebuah website pastinya memiliki tampThe Importance of Usability Testingilan yang dapat kita kenal dengan User Interface. User Interface ialah bagaimana interaksi antara manusia/ user dengan system. User interface dibentuk berdasarkan tahapan-tahapan yang cukup kompleks sehingga dapat memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan system. Acap kali tak dapat dipungkiri bahwa website-website yang ada pada era digital saat ini masih kurang dipahami oleh penggunanya, baik karena peletakan fungsi yang kurang tepat maupun ketidakpahaman pengguna akan tombol atau button yang ada dalam website tersebut.

Untuk mencegah ketidak-efektif-an penggunaan website karena hal-hal tersebut, diperlukan suatu evaluasi sebelum website diluncurkan ke public dengan Usability Testing. Usability testing merupakan suatu teknik yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah pengguna mengerti cara mengoperasikan website dengan cara mengobservasi mereka, apa yang mereka sukai dan apa yang menjadi kesulitan bagi pengguna dalam pengoperasian tersebut.

Usability Testing mendayagunakan user untuk dapat memberikan feedback baik kritik maupun saran terhadap tampilan yang baik dan yang dapat dimengerti oleh user. Tiga elemen utama yang perlu dipahami sebelum menjalankan usability testing ialah

  • Pemahaman terhadap proses bisnis
  • Pemahaman mengenai produk
  • Apa yang ingin diketahui dari user

Dalam pelaksanaan usability testing diperlukan prototype dari website (system) serta pengguna potensial untuk dilakukan usability testing. Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan usability testing ialah membuat subject merasa nyaman sehingga dapat memberikan feedback yang diharapkan dengan baik, lalu mulailah usability testing. Selama testing berlangsung, pihak tester menanyakan hal-hal yang ingin diketahui dari user dan meminta user untuk dapat memberikan pendapat, kritik serta saran terhadap apa yang mereka rasakan dalam penggunaan produk dimana nantinya akan di analisis untuk dapat dikembangkan sehingga dapat sesuai dengan apa yang di butuhkan.

Adapun beberapa metode yang digunakan dalam usability testing yakni:

  • In-person usability testing

Tester secara langsung melakukan observasi dan interaksi dengan user selama testing dilakukan.

  • Monitored remote usability testing

Tester memonitor secara langsung namun tidak berinteraksi secara langsung dengan user.

  • Unmonitored remote usability testing

Semua metode yang digunakan memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing tetapi diatas semua hal tersebut, usability testing sangat berguna bagi developer untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dari user dan dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan jika harus melakukan perbaikan terhadap tampilan yang sudah ada tanpa dilakukannya usability testing. Sehingga menjadi penting dilakukannya usability testing dalam perencanaan untuk memasaran produk.

Referensi :

https://youtu.be/BrVnBdW6_rE

https://www.rainforestqa.com/blog/2016-08-31-what-is-usability-testing/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close