People Innovation Excellence
 

Memilih Responden yang Benar dalam Melakukan User Research

User research mencakup cara yang luas, termasuk melakukan ethnographic interviews dengan target group, classical usability studies, hingga pengukuran kuantitatif dari return on investment (ROI) dalam user experience design atau desain pengalaman pengguna. Seluruh cara dalam user research memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membantu menempatkan orang di tengah proses desain dan produk. User research dilakukan untuk menginspirasi desain, evaluasi solusi, dan mengukur dampak dari desain. User research maupun jenis lain dari penelitian biasanya dibagi atas kuantitatif dan kualitatif, yaitu:

  1. Survei dan eksperimen formal adalah contoh dari alat penelitian kuantitatif. User research kuantitatif bertujuan untuk mengukur perilaku user dengan cara yang dapat diukur dalam angka atau perhitungan dan digunakan untuk analisis statistik.
  2. Wawancara dan beberapa usability tests adalah contoh dari alat penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif lebih bersifat pencarian dan mencari pemahaman yang lebih dalam dari pengalaman dan kehidupan sehari-hari dari user atau user group.

Dalam melakukan user research, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  • Menetapkan tujuan yang jelas seperti mengapa penelitian ini dilakukan dan apa yang ingin diketahui.
  • Merancang penelitian dengan memilih metodologi yang tepat seperti wawancara, pengujian jarak jauh yang tidak dimoderasi, focus group, studi lapangan, dan lainnya, membangun Persona dengan target audience, jumlah responden yang diperlukan, skenario, kuesioner, dan lainnya.
  • Mengatur bahan penelitian termasuk logistik misalnya perangkat lunak aplikasi seluler, perangkat dan memutuskan tempat untuk penelitian misalnya, lab kegunaan dengan cermin satu arah, pengaturan wawancara, dan lainnya.
  • Merekrut responden yang cocok dengan target audience.
  • Melakukan penelitian, mencatat umpan balik dan observasi.
  • Menganalisis umpan balik dari pengguna.
  • Mensintesis, mempersiapkan dan menyajikan temuan dan rekomendasi.

Untuk mendapatkan responden yang tepat dalam penelitian, dapat dilakukan metode DIY (do-it-yourself) atau mempekerjakan recruitment agency. Untuk referensi perbedaan dari sumber dan cara untuk merekrut responden, beberapa opsi disebutkan dalam artikel ini.

  1. Mempekerjakan recruitment agency

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan cara ini adalah Anda harus memastikan untuk melakukan review ulang seputar pertanyaan yang diajukan agar tidak mendapatkan responden yang tidak sesuai. Perhatikan juga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan user research, karena tidak semua agency dapat melakukan penelitian dengan tenggang waktu yang diberikan.

  1. Menggunakan vendor Panel online

Beberapa vendor rekrutmen menawarkan layanan ini secara online. Vendor rekrutmen panel dapat digunakan dengan mudah namun harga yang ditawarkan tinggi. Periksa kembali demografi dan psikografis dari responden karena informasi database mungkin tidak up-to-date.

  1. Mempublikasikan iklan rekrutmen ke media sosial

Ini adalah cara termudah dan termurah untuk melakukan user research. Cara ini dapat memperbanyak beban kerja, namun Anda memiliki kontrol penuh tentang siapa yang akan direkrut.

  1. Menggunakan pelanggan yang sudah ada

Pelanggan yang sudah ada dapat memberikan feedback yang baik pada fitur baru atau ekstensi dari produk atau layanan yang sudah ada karena mereka telah berpengalaman dengan platformnya. Namun, pendekatan ini dianggap kurang baik karena adanya bias terhadap produk, dan lainnya. Sehingga kurang direkomendasikan untuk menjadi satu-satunya cara dalam pengembangan produk baru. Jika ingin menggunakan cara ini, Anda juga harus melakukan cara lain untuk memperkuat data yang didapat dari cara ini.

Responden yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang benar dari user research. Butuh waktu dan mungkin sedikit berbeda dari pekerjaan yang Anda lakukan sebagai user researcher.

Bibliography

Kulshreshtha, K., 2018. Recruiting right respondents for your user research. [Online]
Available at: https://uxplanet.org/recruiting-right-respondents-for-your-user-research-ecc1994e71c6
[Accessed 26 June 2018].

Mortensen, D., 2018. User Research: What It is and Why You should do It. [Online]
Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/user-research-what-it-is-and-why-you-should-do-it
[Accessed 26 June 2018].


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close