People Innovation Excellence
 

Serba-serbi dalam Membuat Résumé

Ketika hendak melamar sebuah pekerjaan maupun suatu posisi di suatu perusahaan, tentunya pelamar akan diminta untuk mengumpulkan résumé yang memuat hal apa saja yang telah dilakukannya selama ini, pekerjaan apa yang pernah dilakukan sebelumnya, prestasi yang telah dicapai, dan lain-lain.

Penting untuk membuat résumé yang berkesan dan menonjol dibandingkan résumé pada umumnya yang kurang menarik, hal ini dikarenakan résumé hanya dilihat dalam waktu singkat oleh staff HRD perusahaan yang bersangkutan. Umumnya, pembuatan résumé dalam arti konservatif hanya bertujuan untuk dibaca oleh orang lain, yang berfungsi untuk mencocokkan kebutuhan perusahaan dengan kemampuan yang dimiliki pelamar dan mendeskripsikan secara jelas mengapa perusahaan harus memilih pelamar tesebut, serta mencantumkan informasi yang berguna dalam melakukan pekerjaan yang dilamar. Beberapa keunggulan dan pencapaian yang sebaiknya lebih ditekankan dalam penulisan résumé antara lain :

  • Pencapaian yang relevan dan terkait dengan pekerjaan yang dilamar
  • Pencapaian yang menunjukkan keunggulan dibandingkan dengan pelamar lain
  • Pencapaian yang masih baru dan belum terlalu lama
  • Mencantumkan skill yang membantu dalam hampir semua pekerjaan
  • Membuat 2 macam résumé, satu untuk dibaca oleh staff HRD perusahaan, dan yang lainnya untuk electronic scanning. Dalam membuat Résumé untuk keperluan electronic scanning, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini :
    • Gunakan jenis tulisan yang umum dan ukuran tulisan yang mudah dibaca
    • Menghindari penggunaan garis bawah (underline) atau tulisan miring (italic) yang tidak diperlukan
    • Menghindari penggunaan border pada résumé
    • Tidak menggunakan lebih dari 1 kolom
    • Tidak menuliskan apapun yang merupakan tulisan tangan
    • Tidak melipat atau menggunakan staples pada résumé untuk keperluan electronic scanning

Terdapat beberapa jenis résumé, yaitu :

  • Chronological Résumé

Résumé jenis ini lebih cocok digunakan ketika perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya telah mempersiapkan Anda untuk pindah pekerjaan dan tidak ada jarak yang signifikan dalam riwayat pekerjaan Anda. Chronological résumé umumnya merangkum apa yang telah Anda kerjakan dan diurutkan secara descending, umumnya résumé jenis ini digunakan untuk menyajikan logical preparation untuk pekerjaan yang dilamar atau promosi jabatan. Anda dapat mencantumkan berbagai pekerjaan yang pernah dilakukan, mulai dari pekerjaan pertama Anda hingga yang Anda lakukan sekarang, namun harus diperhatikan bahwa sebaiknya tidak menulis terlalu banyak detail ketika mencantumkan low-levels job yang pernah Anda lakukan.

  • Skills Résumé

Résumé jenis ini lebih cocok digunakan ketika individual skills Anda lebih cocok untuk pekerjaan yang Anda lamar dibandingkan dengan riwayat pekerjaan Anda secara umum. Skills Résumé lebih cocok digunakan oleh mahasiswa, karena memungkinkan penulisnya untuk menggabungkan skills dari pekerjaan, perkuliahan, maupun kegiatan sukarela atau organisasi. Sebaiknya menggunakan skill yang diperlukan dalam pekerjaan yang Anda lamar sebagai penekanan utama ketika Anda membuat skills résumé, dan mendeskripsikan secara detail mengenai tiap skills.

Referensi :
Locker, K. O., Hughes, K., & Kaczmarek, S. K. (2007). Business communication: Building critical skills. Toronto: McGraw-Hill Ryerson.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close